Mengenal Ciri-Ciri Khusus Demokrasi Liberal


Demokrasi adalah sistem atau bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang menjunjung tinggi persamaan hak dalam proses pengambilan keputusan. Sedangkan, demokrasi liberal adalah salah satu bentuk demokrasi, sehingga ciri-ciri khusus demokrasi liberal pun hampir tak jauh beda dengan demokrasi itu sendiri.

Sebelum mengurai ciri-cirinya, ada baiknya kita mengetahui tentang pengertian demokrasi liberal. Demokrasi liberal adalah suatu sistem politik yang menghargai serta melindungi setiap hak individu dari kekuasaan pemerintah. Dalam sistem demokrasi liberal, keputusan pemerintah akan dipengaruhi oleh suara kaum mayoritas. Hal ini diharapkan agar keputusan tersebut tidak bertentangan dengan hak-hak dan kemerdekaan individu dalam negara tersebut.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari demokrasi liberal yang dianut beberapa negara:

  • Negara yang menganut sistem demokrasi liberal pasti memiliki kaum mayoritas dan minoritas.
  • Kaum mayoritas akan mendominasi pemerintahan dan punya kontrol penuh terhadap keputusan dan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.
  • Pendapat kaum minoritas biasanya tidak didengar, namun mereka diperbolehkan untuk tetap memperjuangkan haknya.
  • Negara dengan sistem demokrasi liberal benar-benar menjunjung tinggi kebebasan setiap individu yang tergabung dalam kaum mayoritas. Dengan kata lain, kepentingan mayoritas selalu diutamakan.

Sistem politik demokrasi liberal ini dianut oleh beberapa negara, misalnya Amerika Serikat dan Kanada. Indonesia sendiri juga pernah menganut sistem yang sama, tepatnya pada tahun 1950 hingga tahun 1959. Namun, saat itu pemerintahan menjadi tidak berjalan stabil karena adanya perubahan-perubahan dalam kabinetnya. Misalnya, adanya kabinet Natsir, kemudian digantikan oleh kabinet Sukiman, kabinet Wilopo, Ali Sastroamijoyo, Burhanuddin Harahap, Ali Sastroamijoyo II, dan yang terakhir adalah kabinet Djuanda.

Berikut ini adalah beberapa ciri demokrasi liberal di Indonesia saat itu:

  • Presiden maupun wakil presiden tidak bisa diganggu gugat.
  • Para menteri bertanggung jawab atas seluruh kebijakan pemerintah.
  • Perdana menteri dipilih dan ditentukan langsung oleh presiden.
  • Presiden punya hak dan wewenang untuk membubarkan DPR.

Itulah ciri-ciri khusus demokrasi liberal yang dianut oleh negara-negara barat, termasuk Indonesia pada zaman dulu. Moga-moga uraian di atas bisa menambah wawasan Anda mengenai sistem politik, khususnya tentang demokrasi.

Selanjutnya : Alasan Lumut Dapat Tumbuh di Bebatuan
Sebelumnya: Belajar Matematika Ilmu tentang Ruang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar