Ciri-ciri Masyarakat Desa dan Kota


Seperti apa ciri-ciri masyarakat desa dan masyarakat kota? Desa dan kota memang merupakan dua tempat yang berbeda, karena itu tidak heran bisa masyarakat yang tinggal di kedua daerah tersebut juga memiliki perbedaan. Agar lebih jelas mengenai perbedaan masyarakat kota dan orang yang tinggal di desa, simak ulasan singkat di bawah ini.

Ciri Khas Masyarakat Desa

Masyarakat di desa kerap dituding sebagai orang-orang yang kuno, tidak modern, kampungan, dan sangat ketinggalam zaman. Tudingan itu bisa saja benar, tapi masyarakat desa sebenarnya punya banyak kelebihan yang mungkin tidak akan ditemukan pada masyarakat yang tinggal d kota. Berikut adalah ciri-ciri dari masyarakat desa.

  1. Masyarakat desa biasanya sangat berpegang teguh pada agama dan adat istiadat para leluhur.
  2. Orang-orang desa biasanya tidak hidup secara individualisme. Mereka saling mengenal satu sama lain dan selalu hidup saling tolong-menolong.
  3. Mata pencaharian sebagian besar masyarakat desa adalah di bidang agraris. Ini adalah ciri-ciri masyarakat desa yang sulit ditemui di daerah perkotaan.
  4. Sebagian besa masyarakat desa biasanya sulit menerima hal baru yang bersifat modern. Hal ini dipengaruhi oleh kesetiaan mereka pada budaya lama atau adat istiadat yang sudah ada.
  5. Walau tidak sepenuhnya benar, orang desa identik dengan orang yang bodoh atau tidak terpelajar. Hal ini bisa disebabkan karena minimnya fasilitas pendidikan yang berkualitas di daerah pedesaan.

Ciri Khas Masyarakat Kota

Masyarakat kota identik dengan orang-orang modern dan terpelajar. Mereka terkadang dipandang lebih tinggi daripada masyarakat desa. Namun, masyarakat kota juga memiliki beberapa ciri khas yang dinilai negatif bila dibandingkan dengan orang-orang desa.

  1. Masyarakat kota cenderung lebih suka memikirkan hal-hal yang bersifat duniawi, sehingga kadang tidak terlalu memikirkan agama.
  2. Sifat individualismenya cukup tinggi. Bahkan, terkadang dengan tetangga sekitar rumah pun tidak saling kenal.
  3. Mata pencaharian mereka beragam, mulai dari pedagang hingga pegawai kantoran.
  4. Sangat akrab dengan beragam tekologi modern dan tertarik mencoba hal-hal baru. Hal ini disebabkan sebagian besar orang kota selalu terbuka dengan budaya luar.
  5. Orang-orang kota selalu dianggap sebagai orang berpendidikan. Hal ini disebabkan adanya begitu banyak fasilitas mewah dan berkualitas, termasuk untuk masalah pendidikan, yang dibangun di setiap sudut kota.

Itulah ciri-ciri masyarakat desa dan juga masyarakat perkotaan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Cara Menginstal Tema PC dan Menyimpannya
Sebelumnya: Diet untuk Menambah Berat Badan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar