Ciri-ciri Masyarakat Nontradisional sebagai Kekayaan Bangsa

Masyarakat adalah komunitas manusia yang mendiami sebuah wilayah. Komunitas ini mempunyai berbagai ketentuan dan berkembang sesuai dengan kondisi kehidupan. Akibat dari kondisi tersebut, maka kita menemukan adanya masyarakat tradisional dan masyarakat nontradisional. Masing-masing mempunyai karakter yang berbeda-beda. Ciri-ciri masyarakat nontradisional berbeda dengan masyarakat tradisional. Perbedaan inilah yang selanjutnya memberi warna tersendiri bagi kehidupan kita.

Kita memang membutuhkan warna dalam kehidupan kita. Oleh karena itulah, kita jangan terpengaruh oleh perbedaan tersebut. Justru perbedaan tersebut kita jadikan sebagai kekayaan bangsa ini. Kita harus bersyukur mempunyai masyarakat yang menghargai perbedaan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat kita sangat dinamis. Dinamis sebab dapat mengikuti perkembangan kehidupan sebaik-baiknya tetapi tidak meninggalkan kehidupan sebelumnya.

Beberapa Kondisi Masyarakat Nontradisional

Masyarakat nontradisional sebenarnya merupakan perkembangan dari masyarakat tradisional yang mendapatkan pengaruh dari kehidupan. Masyarakat ini mengembangkan diri sebagai masyarakat yang respon terhadap perkembangan kehidupan. Responsibilitas mereka terhadap kondisi kehidupan memungkinkan sebab fleksibilitas diri dan jiwa yang begitu besar. Mereka tidak menghambat perkembangan jaman, tetapi juga tidak mengubur kehidupan masyarakat yang sebelumnya.

Beberapa kondisi masyarakat nontradisional yang kita maksudkan merupakan ciri dari masyarakat tersebut. Ciri-ciri tersebut meliputi:

• Respon terhadap Perubahan

Masyarakat pada dasarnya terdiri atas berbagai kondisi. Kondisi tersebut memberikan warna kehidupan masing-masing. Terkait dengan warna tersebut, setiap masyarakat mempunyai perbedaan sebab tingkat responsibilitas mereka berbeda.

Masyarakat nontradisional mempunyai tingkat responsibilitas yang tinggi sehingga setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan dapat langsung direspon. Selanjutnya, mereka memberikan wujud atas respon tersebut.

• Fleksibel terhadap Perubahan

Fleksibel sebenarnya merupakan ciri khas bangsa kita. Artinya, kita gampang sekali mengikuti kondisi yang ada di sekitar kehidupan kita. Pada saat kita menghadapi sesuatu yang baru, maka kita segera menyesuaikan diri.

Masyarakat nontradisional sangat fleksibel terhadap setiap perubahan yang ada. Mereka tidak antipati terhadap setiap kondisi, walaupun mereka tetap selektif dalam memutuskan menentukan apakah sesuatu perubahan tersebut sesuai atau tidak terkait kehidupan mereka.

• Menguasai Teknologi Modern

Masyarakat nontradisional mempunyai kemampuan lebih dalam hal penguasaan teknologi. Mereka dapat melakukan kegiatan hidup dengan mengandalkan teknologi sebagai sarana hidupnya. Mereka memilih hidup nyaman dengan cara memanfaatkan teknologi untuk kehidupan.

Loading...
Selanjutnya : Ayo Ketahui Ciri Ciri Gejala TBC
Sebelumnya: Berbagai Aplikasi Chat Cari Teman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar