Apa Sih Ciri-ciri Negara Kesatuan, Federal, Konfederasi?

Negara kesatuan dan federal adalah dua bentuk negara yang paling menonjol di dunia. Masing-masing memiliki karakteristik berbeda satu sama lain. Misalnya, ciri-ciri negara kesatuan, tidak akan sama seperti ciri yang dimiliki negara federal atau konfederasi.

Sedikit yang perlu Anda ketahui bahwa bentuk negera berbeda dengan bentuk kenegaraan. Secara penyebutan memang mendekati, tapi bentuk negara dan bentuk kenegaraan sama sekali tidak bisa disamakan.

Bentuk negara bersifat erat, tidak mudah renggang karena disatukan dengan UUD sebagai pengikatnya. Sementara itu, bentuk kenegaraan justru sebaliknya. Bersifat lebih fleksibel, mudah tercerai-berai karena hanya dilandasi perjanjian-perjanjian di dalamnya.

Mari kita bahas dua bentuk negara tersebut satu per satu beserta ciri-cirinya.

1. Negara Kesatuan

Negara kesatuan adalah negara yang dikuasai oleh pemerintah pusat yang memiliki kedudukan paling tinggi dalam pemerintahan. Di negara kesatuan, pemerintah pusat akan menurunkan hak, tugas, dan fungsi kepada pemerintah kabupaten, kota, maupun pemerintahan lokal. Semua yang berkaitan dengan pelimpahan wewenang diatur dalam dalam undang-undang, bukan dalam konstitusi.

Mengacu pada hak otonomi, pemerintah pusat bisa saja melimpahkan kekuasaan kepada kepala daerah. Hal tersebut dinamakan desentralisasi. Namun, meski demikian kekuasaan pemerintah pusat dalam mengatur roda pemerintahan tidak berkurang. Pemerintah pusat tetap memegang kedaulatan penuh terkait urusan dalam maupun luar negeri.

Hal yang menarik dari bentuk negara kesatuan adalah terciptanya keseragaman undang-undang. Mengapa? Karena aturan yang dibuat pemerintah bersifat menyeluruh. Meski di tiap daerah memiliki kepala daerah, peran pemerintah pusat dalam mengatur penduduk secara langsung tidaklah hilang. Misalnya, pemerintah pusat berwenang menetapkan kurikulum pendidikan nasional, mengatur lembaga kepolisian daerah, dan sebagainya. Sayangnya, apabila terjadi permasalahan di suatu daerah, maka penyelesaiannya idak bisa cepat. Sebab, harus menunggu kebijakan dari pemerintah pusat.

Secara garis besar, ciri-ciri negara kesatuan ditandai sebagai berikut.
dec 26, 2014 – muscle relaxants, baclofen online kopen , order baclofen online usa – wildlifetimes.com.

  • Memiliki satu Undang-Undang Dasar, seorang kepala negara, DPR dan dewan menteri.
  • Kedaulatan negara meliputi dalam dan luar negeri yang ditandatangani oleh pemerintah pusat.
  • Memiliki kebijakan tunggal menyangkut masalah sospol, ekonomi, budaya, pertahanan, dan keamanan.
  • get deltasone, buy deltasone advair diskus price us buy generic advair diskus online Flonase without prescription online in canada no prescription cheap, cheap prednisone no prescription , over the counter generic prednisone, buy deltasone

Beberapa negara yang berbentuk kesatuan, seperti Jepang, Belanda, Italia, Philipina, dan Indonesia.

2. Negara Federasi

Negara federasi merupakan negara yang kedaulatannya berada di tangan pemerintah federal. Pada negara federasi, kekuasaan lebih condong ke negara bagian ketimbang negara kesatuan. Hal tersebut tercantum dalam pertiran konstitusi federal.

Adapun ciri-ciri negara federasi seperti:

  • Pemilihan kepala negara dilakukan oleh rakyat.
  • comida y otras medicaciones baclofen compra compra baclofen generic baclofen descuento generico baclofen medicamento descuento

  • Kepala negara dilengkapi dengan hak veto.
  • 16 dec 2013 … enter here to purchase valtrex (valacyclovir) online! >>> tags: order

  • Negara bagian tidak memiliki kedaulatan namun memegang kekuasaan asli.
  • Setiap negara bagian bebas menyusun undang-undang adasarnya sendiri asal tidak menyimpang dari pemerintah pusat.

Contoh negara yang berbetuk federasi, seperti Malaysia, India, Amerika Serikat, dan Australia.

Demikian uraian singkat mengenai ciri-ciri negara kesatuan dan federal. Semoga dapat menjadi referensi bermanfaat untuk pembaca sekalian.order sildalis onlinebuy generic cialis online canada

Loading...
Selanjutnya : Deretan Pemain Perahu Kertas yang Menjadikan Filmnya Bagus
Sebelumnya: Free Download Gudang Lagu: Pusat Lagu-lagu Bagus dan Aman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar