Pengetahuan Tentang Ciri-ciri Penyakit Kelamin

Ciri-ciri penyakit kelamin setidaknya perlu diketahui oleh banyak orang. Jika mempunyai pengetahuan akan hal ini, setidaknya bisa diantisipasi dan bisa cepat tanggap. Mengamati pergaulan remaja sekarang yang jauh berbeda dengan dulu, tentunya sangat mencemaskan. Remaja sekarang sangat bebas dalam pergaulan. Bahkan, kerap ditemui remaja yang melakukan seks di luar nikah. Hal ini sangat berisiko akan timbulnya penyakit, termasuk penyakit kelamin.

Beberapa penyakit tersebut di antaranya HIV-AIDS, hepatitis B, sifilis/raja singa, herpes, gonorrhea/kencing nanah, klamidia, kutil kelamin, dan untuk wanita bisa terkena kanker serviks. Untuk beberapa penyakit kelamin tersebut, berikut ini ciri-ciri penyakit kelamin yang cukup berbahaya.

  • Ciri HIV-AIDS adalah kekebalan tubuhnya mulai menurun, tubuhnya lemah, mudah terserang penyakit, bau mulut yang sangat menyengat, flu, dan diare yang dialami cukup berat. Namun ketika masih gejala awal, penyakit HIV tandanya tidak terlihat, sama seperti orang yang sehat. Baru ketika AIDS sudah menyerang ganas, akan sangat terlihat perbedaaannya.
  • Ciri dari penyakit sifilis adalah adanya lecet pada alat kelamin, mulai muncul benjolan di kelamin, sering pusing, dan flu, namun mudah menghilang tanpa diobati. Selain itu, adanya bercak merah pada tubuh setelah melakukan hubungan seks, kisaran jaraknya 6-12 minggu. Penyakit ini bisa berlangsung selama 30 tahun. Di tahun kedua dan ketiga, penyakt ini tidak terlalu menunjukkan gejala. Namun ketika tahun kelima hingga sepuluh, penyakit ini mulai menyerang susunan otak, darah, dan jantung.
  • Ciri dari herpes adalah gatal, kesemutan, dan sakit pada alat kelamin. Lalu, muncul bercak merah dan lepuhan kecil yang nyeri. Tahapannya, 3-10 hari setelah berhubungan penyakit mulai menyerang. Selanjutnya menghilang, lalu muncul kembali. Disesuaikan dengan daya tahan tubuh penderita.
  • Gonorrhea dan klamidia mempunya ciri adanya nanah pada saat kencing, mengeluarkan cairan putih kekuningan, nyeri di rongga panggung, dan demam. Setelah berhubungan intim, terjadi pendarahan (untuk wanita) dan pada waktu kencing terasa sakit.
  • Ciri dari kutil kelamin adalah adanya bintil-bintil yang mengerikan seperti kembang kol di sekitar anus. Untuk tahap awal, warnanya merah dan lembut ketika dipegang. Namun tahap selanjutnya, menjadi gelap dan keras.
  • Untuk kanker serviks yang menyerang wanita, cirinya adalah sesudah haid atau hubungan intim terjadi pendarahan dan adanya benjolan tidak rata pada alat kelamin.

Demkian beberapa ciri-ciri penyakit kelamin. Ketika seseorang mendapati gejala di atas pada dirinya, sebaiknya segera periksa ke dokter. Bagi para pemuda harus lebih antisipasi dan mencegah terjadi penyakit kelamin dengan tidak melakukan hubungan intim di luar nikah.

Loading...
Selanjutnya : Macam Macam CPU dan Fungsinya Komponen Didalamnya
Sebelumnya: Cara Bertani Strawbery di Polybag ke dalam Pot
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar