Ciri-ciri Perusahaan Umum


Ciri-ciri Perusahaan Umum

Salah satu ciri-ciri perusahaan umum adalah melakukan kegiatan komersial demi kepentingan masyarakat banyak.  Di Indonesia terdapat sejumlah perusahaan umum yang bergerak disejumlah sektor, antara lain sektor trasnportasi, keuangan, infrastruktur, media informasi, dan masih banyak lagi.

Bisa dikatakan bahwa perusahaan umum adalah unit bisnis pemerintah yang bertujuan kepentingan bisnis, sedangkan tujuan utamanya untuk menambah cadangan kas negara.  Maka dari itu, kinerja perusahaan umum mirip dengan perusahaan swasta yang berorientasi bisnis.  Perusahaan umum dipimpin oleh seorang direktur yang diangkat melalui seleksi terbuka.

Sebenarnya ciri-ciri perusahaan umum lainnya adalah memiliki sejumlah aset dan terus mengembangkan aset dan modalnya untuk kepentingan bisnisnya.  Selain itu, perusahaan umum bebas mengembangkan bisnisnya tanpa perlu persetujuan dengan DPR. Termasuk bebas menentukan kerjasama kepada mitra bisnisnya, baik itu mitra bisnis dari luar negeri, maupun dalam negeri.

Jenis-jenis Perum

Di Indonesia ada sejumlah perusahaan umum yang bergerak semua sektor ekonomi.  Berikut ini adalah penjelasan tentang contoh-contoh perusahaan umum.
1. Kantor Berita Antara

Setiap negara pasti memilik kantor  berita sendiri, termasuk Indonesia dengan Antara.  Kantor berita Antara merupakan perusahaan umum milik negara yang bergerak di sektor media massa.  Antara mempunyai tugas membuat berita-berita dari dalam negeri maupun luar negeri.  Antara juga mempunyai sejumlah kantor cabang di setiap provinsi dan luar negeri.

2. Perum DAMRI

Perum DAMRI merupakan perusahaan negara yang bergerak di sektor transportasi umum.  DAMRI menjalankan bisnisnya dengan menyediakan bisnis angkutan massal, misalnya bus trayek antar provinsi dan bus angkutan dalam kota.  DAMRI sudah menjangkau semua trayek di pulau Jawa, Sumatera dan Bali.

3. Garuda Indonesia Airways

Garuda Indonesia Airways adalah salah satu contoh perusahaan umum milik negara atau istilah lainnya Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada sektor penerbangan komersial.  Permodalannya diperoleh dari hasil penjualan saham di pasar modal dalam negeri maupun luar negeri. Dengan modal yang tak terbatas, Garuda bisa membeli /menyewa sejumlah pesawat baru guna memenuhi kebutuhan armada.

Demikianlah artikel singkat tentang  ciri-ciri perusahaan umum. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Menentukan Ciri-ciri Tanah yang Biasa
Sebelumnya: Ciri-ciri Gejala Cacar Air pada Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar