Pentingnya Mengetahui Ciri-ciri Sakit Lever


Penyakit liver disebabkan oleh adanya fatty liver atau adanya perlemakan hati dan penyakit lain seperti hepatitis,  sirosis, kanker serta tumor pada hati. Sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri sakit lever, karena penyakit ini bisa mematikan. Organ lever adalah yang biasa dikenal dengan hati, ia adalah salah satu bagian atau organ tubuh yang penting bagi manusia. Karena ia membantu organ tubuh yang lain untuk melakukan pencernaan.

Mengenali gejala penyakit hati dapat dilihat dari perubahan warna kulit tubuh. Orang yang mengidap penyakit liver sangat mudah ditebak dilihat dari warna kulitnya. Mata dan kulit akan terlihat kekuningan serta terdapat lingkaran warna hitam di kantung mata.

Gejala Penyakit Lever

Gejala penyakit lever ditandai juga dengan adanya perubahan air kemih menjadi berwarna kuning pekat atau kuning agak gelap yang berbau menyengat. Selain itu BAB juga menjadi tidak lancar. Padahal BAB setiap hari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh karena berguna untuk memperbaharui gizi serta asupan nutrisi bagi tubuh.

Kehilangan nafsu makan juga merupakan tanda bagi penyakit lever atau hati. Nafsu makan akan menurun bahkan hingga kehilangan nafsu makan yang berakibat pada turunnya berat badan secara drastis. Ada pula yang ditandai dengan anemia atau kurang darah, perut serasa kembung dan penuh gas, mual dan adanya gangguan pencernaan setelah melahap makanan.

Walaupun gangguan nafsu makan menjadi salah satu tanda penyakit lever, namun tidak semua orang yang terkena penyakit lever mengalami gangguan atau penurunan nafsu makan. Ada juga yang nafsu makannya tetap normal. Namun saat terjadi kontraksi pada hati, perut akan menjadi buncit. Hal ini karena terjadi pembengkakan pada hati.

Selain terjadi perubahan warna kulit dan kuku menjadi kekuningan, juga terjadi perubahan bentuk kuku dan tubuh. Bentuk kuku akan menjadi melengkung. Ciri sakit liver pada wanita akan mengalami keputihan yang abnormal. Ciri-ciri sakit lever yang lain adalah penderita terlihat lemah, letih dan lesu. Badan juga akan terasa lebih cepat capek.

Selanjutnya : Cara Sit Up yang Benar untuk Pria
Sebelumnya: Masih Nyari Harga TV Panasonic Crt Layar Datar?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar