Ciri-ciri Seni Rupa Murni


Apakah anda tahu ciri-ciri seni rupa murni? Di Indonesia  ini terdapat banyak jenis seni rupa, sehingga ada yang dinamakan seni rupa murni dan seni rupa terapan. Dalam artikel ini akan khusus membahas mengenai seni rupa murni.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah hasil kesenian yang hanya dinikmati sisi keindahannya saja, bukan merupakan benda pakai yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jika yang digunakan sehari-hari disebut seni rupa terapan. Di Indonesia yang memiliki banyak wilayah dengan keseniannya masing-masing, tiap daerah itu pula menghasilkan masing-masing seni rupa murni yang di dalamnya mempunyai sifat tradisional atau kedaerahan.

Ciri-ciri seni rupa murni daerah, selain hanya dinikmati keindahannya, juga memiliki ciri khas atau keunikan yang sesuai daerah asalnya. Contohnya seperti seni lukis Sokaraja (Banyumas), patung Asmat (Papua), seni patung keramik (Bantul, Yogyakarta).

Fungsi Seni Rupa Murni

Seni rupa murni (fine art) mempunyai fungsi sebagai pemuas batin dikarenakan penciptaannya memang hanya mengutamakan keindahannya saja. Dalam penciptaan seni rupa murni biasanya mempunyai ciri khas seperti corak, gaya, atau tema.

Tema Seni Rupa Murni

Pembuatan seni rupa tidak bisa dilepaskan dari tema. Tema merupakan ide, pokok pikiran, atau gagasan utama yang ada dalam seni rupa tersebut. Tema-tema yang ada dalam seni rupa murni adalah sebagai berikut :

a. Hubungan antara Manusia dengan Dirinya

Yang mana di dalam penciptaannya adalah suatu ekspresi yang mengungkapkan citra dan gagasan, seperti menggunakan diri sendiri sebagai suatu objek seni rupa, misalnya lukisan. Contoh : Basuki Abdullah, Vincet Van Gogh, Affandi, S.Sudjono, dan Raden Saleh.

b. Hubungan antara Manusia dengan Manusia Lain

Berupa mengekspresikan kesenian dengan menggunakan orang lain di sekitarnya sebagai objek, misal teman, tetangga, kekasih.

c. Hubungan antara Manusia dengan Alam Sekitarnya

Alam adalah salah satu tema yang kerap diangkat oleh pelukis, seperti pemandangan sawah, gunung, laut, hewan, atau bunga-bunga.

d. Hubungan antara Manusia dengan Benda

Seni rupa yang menggunakan benda sebagai objeknya, benda-benda tersebut dianggap perupa memiliki keunikan. Seperti vas bunga, sepatu, meja kursi, dan lain sebagainya.

e. Hubungan antara Manusia dengan Aktivitasnya

Aktivitas atau kegiatan manusia bisa menjadi ide tersendiri bagi seorang perupa, seperti aktivitas petani di sawah, penari yang sedang menari, dan lain sebagainya.

f. Hubungan antara Manusia dengan Alam Khayal

Wilayah imajinasi adalah wilayah yang ada di pikiran manusia, sehingga banyak juga perupa yang mengkreasikan imajinasi mereka dalam bentuk nyata yang surealis.

Demikian uraian singkat mengenai ciri-ciri seni rupa murni, fungsi seni rupa murni, dan tema seni rupa murni. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Dinyatakan Offside Jika
Sebelumnya: Dimana Beli Parfum Original Murah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar