Mengetahui Ciri-ciri Tanah Regosol


Kualitas tanah sangat penting bagi pertanian. Karena tanah merupakan tempat atau media tumbuh-tumbuhan. Pengetahuan tentang tanah yang baik dan buruk menentukan hasil panen pertanian. Jenis-jenis tanah itu bermacam-macam, diantaranya adalah tanah regosol. Dan bagaimanakah ciri-ciri tanah regosol itu?

Tanah adalah suatu lapisan padat (tidak berbatuan) yang ada dipermukaan bumi. Tanah sangat penting bagi kehidupan, bukan hanya tumbuhan, seluruh aktifitas manusia dan organisme lainnya didukung oleh elemen ini. Tanpanya, banyak sekali aktifitas yang terganggu.

Tanah memiliki jenis-jenis yang beragam. Keberagaman tanah disebabkan oleh perbedaan keadaan iklim (cuaca), bahan batuan induk, topografi, organism, dan waktu. Perbedaan ini menyebabkan satu tanah tidaklah sama pemanfaatannya pada bidang pertanian. Karena tumbuh-tumbuhan dapat hidupan dengan baik bila tanah yang didiaminya memiliki syarat-syarat yang dibutuhkan oleh tanaman.

Sebelum itu perlu diketahui bahwa fungsi tanah bagi tumbuhan-tumbuhan yaitu sebagai tempat perkembangan perakaran, penyedia makanan pokok bagi tanaman, penyedia kebutuhan sekunder tanaman (seperti zat pengatur tumbuh, enzin, dan antibiotik-antibiotik) dan habitat biota tanah yang membantu pertumbuhan tanaman. Dengan demikian, tanah-tanah yang memiliki kualitas fungsi tanah di atas sangat penting bagi tumbuh-tumbuhan. Bagaimana dengan tanah regosol?

Tanah Regosol adalah tanah yang termasuk dalam ordo entisol yaitu tanah yang belum mengalami perkembangan sempurna  dan hanya memilili horizon A marginal. Bagi sebagian tumbuhan, tanah regosol kurang menguntungkan karena miskin dari sampah organik disebabkan usianya yang masih muda. Contoh tanah ini adalah tanah sekitar aliran sungai, kumpulan debu vulkanik, dan pasir.

Tanah regosol memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Berbutir kasar.
  • Berwarna kelabu sampai kuning.
  • Berbahan organik rendah. Ini dikarenakan umur yang masih muda sehingga bahan-bahan organik masih belum banyak menyatu.

Meski demikian, tanah regosol bukan berarti tidak dapat dimanfaatkan untuk pertanian.Tanah ini dapat digunakan bagi tembakau tanaman palawija, dan buah-buahan yang tidak membutuhkan banyak air. Tanah jenis ini banyak tersebar di daerah-darah yang memiliki gunung berapi seperti  Sumatra, Jawa, dan nusa tenggara.

Bila terdapat tanah ber ciri-ciri tanah regosol, maka hendaknya dimanfaatkan dengan tanaman yang tidak membutuhkan banyak air.

Selanjutnya : Makalah Sintesis Budaya Dan Kebudayaan Dan Berkembangnya Suatu Kebudayaan
Sebelumnya: Mengenal Contoh Website Affilasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar