Ciri-ciri Tanaman Tomat


Bagaimana mengenali ciri-ciri tanaman tomat? Hal pertama yang dilakukan seorang ahli botani dalam mengenal dan mengklasifikasikan tanaman adalah dengan mengamati ciri morfologi dari tanaman tersebut.

Demikian juga halnya untuk mengenali tanaman tomat. Anda bisa mengenali tanaman tomat dengan mudah, yaitu cukup dengan memerhatikan ciri-ciri morfologi tanaman tersebut, di antaranya morfologi akar, batang, daun, dan buah.

Akar

Tomat termasuk golongan tumbuhan dikotil. Memiliki akar tunggang yang memiliki kemampuan menembus ke dalam tanah dan serabut akar yang tumbuh menyebar ke samping. Struktur akar terdiri atas batang akar, rambut akar, ujung akar, dan tudung akar.

Rambut-rambut akar muncul dari akar utama yang merupakan perluasan atau perkembangan dari permukaan sel-sel epidermis akar. Rambut-rambut akar ini nantinya berfungsi memperluas bidang penyerapan air dan mineral oleh akar.

Batang

Ciri khas batang tomat adalah batang tidak berkayu, lunak, namun cukup kuat menopang daun dan buahnya yang lebat. Permukaan batang, khususnya yang muda, ditumbuhi oleh bulu-bulu atau rambut-rambut halus.

Batang tanaman yang masih muda berwarna hijau, mudah patah, dan bercabang banyak. Namun setelah tua, batang tanaman tomat cenderung mengeras—hampir berkayu—dan berwarna agak kecokelatan.

Daun

Tanaman tomat memiliki daun majemuk yang tersusun berselang-seling mengelilingi batang tanaman yang masih muda. Daun berbentuk oval dengan pinggir daun bergerigi dan berwarna hijau.

Bunga dan Buah

Bunga tomat merupakan bunga sempurna. Setiap kuntum bunga tersusun atas kelopak, mahkota, bakal buah, kepala putik, tangkai putik, dan benang sari. Sebagai bunga hermaprodit, sebagian besar bunga tomat melakukan penyerbukan sendiri. Namun, tanaman ini juga sangat memungkinkan untuk disilangkan.

Bagaimana dengan bentuk buahnya? Tanaman tomat memiliki bentuk buah yang sangat bervariasi, tergantung pada varietasnya. Buah tomat ada yang berbentuk lonjong, oval, dan bulat. Demikian juga dengan warna dan ukuran buah juga bervariasi, tergantung pada varietasnya.

Ciri-ciri tanaman tomat ini sangat mudah dikenal. Karena tanaman ini memiliki karakteristik dan penampilan khusus yang membedakannya dengan tanaman lain. Berbekal informasi ringkas di atas, sebenarnya sudah cukup untuk mengenali tanaman tomat.

Selanjutnya : Aroma Sensual Parfum
Sebelumnya: Aroma Parfum Refill
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar