Berkenalan dengan Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil Belimbing


Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang bisa ditemukan di daerah tropis seperti di Indonesia. Buah belimbing memiliki bentuk yang unik dan menarik, terdiri dari segilima yang sering juga disebut sebagai buah bintang karena bentuknya menyerupai bintang. Buah belimbing termasuk ke dalam tumbuhan berkeping dua atau disebut dengan istilah dikotil. Berikut ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri tumbuhan dikotil belimbing.

Belimbing termasuk ke dalam tumbuhan berbiji tertutup yang memiliki dua keping biji atau disebut dikotil. Tumbuhan berbiji terbagi menjadi dua jenis yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Untuk tumbuhan berbiji tertutup dibagi menjadi dua jenis lagi yaitu tumbuhan monokotil (berkeping satu) dan tumbuhan dikotil (berkeping dua).

Setiap tumbuhan jenis apa pun memiliki ciri-ciri tersendiri. Berikut ciri-ciri tumbuhan dikotil belimbing.

1. Akar dari pohon belimbing merupakan akar tunggang yang juga menjadi ciri dari tumbuhan dikotil lainnya.

2. Batang dari pohon belimbing berupa kayu yang memiliki kandungan kambium. Biasanya batang kayu dengan kambium akan tumbuh besar dan kuat.

3. Batang pohon belimbing memiliki banyak cabang yang miring dan mendatar sehingga membentuk sebuah pohon yang rindang.

4. Bunga dan daun dari pohon belimbing bersifat majemuk. Bunga belimbing berbentuk bintang dengan mahkota yang berwarna merah jingga. Setiap daun dari mahkotanya saling berlekatan. Daun pohon belimbing pun bersifat majemuk. Daunnya memiliki bentuk bulat seperti telur dengan warna hijau tua. Daun belimbing pun memiliki tulang daun yang menyirip dan permukaan bagian atas dan bawah halus.

5. Ciri utama dari belimbing adalah bijinya yang berkeping dua sehingga tumbuhan ini termasuk ke dalam tumbuhan dikotil.

Selain semua ciri-ciri tumbuhan dikotil yang dimilikinya, buah belimbing ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi manusia. Khususnya belimbing buah yang berbentuk bintang (karena kita juga mengenal belimbing sayur yang asam yaitu belimbing wuluh). Manfaat dari buah belimbing diantaranya bisa menurunkan kadar koleterol dalam tubuh, mencegah penyakit hepatitis, mengandung vitamin A dan C yang bisa memerangi radikal bebas dalam tubuh, mencegah peyebaran sel kanker, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengetahui ciri-ciri tumbuhan dikotil belimbing bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kita. Ditambah lagi, buah belimbing memiliki banyak manfaat. Mulai sekarang  rajinlah mengonsumsi buah berbentuk bintang ini.

Selanjutnya : Contoh Teks Ceramah tentang Mengingat Kematian
Sebelumnya: Teknologi Tepat Guna Pengertian untuk Masyarakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar