Politik Indonesia – Ciri-ciri Umum dan Partai Politik


Setiap negara menganut sistem politik yang berbeda-beda. Konsep sistem politik ini pada dasarnya digunakan untuk menganalisis. Ada beberapa variabel serta ciri-ciri umum  dan partai politik, yaitu bahwa kekuasaan adalah tujuan utama dari sistem politik yang dijalankan. Berbagai cara digunakan untuk meraih kekuasaan. Cara-cara yang dilakukan itu tergantung dari sistem politik

Selain itu, ada pula kepentingan. Seperti halnya kekuasaan, kepentingan juga menjadi tujuan bagi para pelaku politik. Hasil kerja sama antara kekuasaan dan kepentingan ini akan melahirkan sebuah kebijakan, yang menjadi variable berikutnya dari sebuah sistem politik.

Satu lagi adalah budaya politik. Ini adalah orientasi subjektif dari individu terhadap sistem politik, khususnya sistem politik yang berlaku. Berdasarkan variable-variabel inilah, muncul berbagai pengertian mengenai sistem politik. Menurut Sri Soemantri, sistem politik adalah hubungan antar manusia yang dilembagakan. Bentuk kelembagaan ini bisa bermacam-macam, misalnya lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Sedangkan menurut Rosadi Kantaprawira, sistem politik merupakan suatu mekanisme atau cara kerja dari seperangkat fungsi atau peranan dalam suatu struktur politik yang saling berhubungan, sehingga menunjukkan proses yang langgeng. Sementara itu, menurut David Easton, sistem politik merupakan sistem yang terdiri dari alokasi nilai-nilai. Pengalokasian nilai-nilai itu bersifat paksaan dan mengikat masyarakat secara keseluruhan.

Sedangkan ciri-ciri umum sistem politik adalah bahwa masyarakat yang sederhana sekalipun memiliki kebudayaan politik, semua sistem politik menjalankan fungsi yang sama, walaupun tingkatannya berbeda karena adanya perbedaan struktur. Sementara ciri yang ketiga adalah bahwa semua struktur politik memiliki spesialisasi.

Sedangkan partai politik dibuat oleh sekelompok warga negara yang memiliki kesamaan kehendak untuk memperjuangkan dan membela kepentingan masyarakat. Sejatinya, partai politik didirikan untuk keutuhan negara. Sebuah partai politik seharusnya berakar pada masyarakat lokal, melakukan kegiatan secara terus menerus, berusaha memperoleh dan atau mempertahankan kekuasaan, serta memiliki pemilihan umum.

Demikianlah sekilas mengenai ciri-ciri umum  dan partai politik. Namun di Indonesia, sepertinya partai politik bukannya menyatukan dan memperjuangkan kepentingan bangsa, melainkan hanya untuk kepentingan golongan masing-masing.

Selanjutnya : Awal Kisah Cerita Rumah Kentang
Sebelumnya: Cerita Rakyat dalam Bahasa Jawa Tengah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar