Ciri Gejala Asma dan Cara Penanggulangannya secara Alami

Asma secara sederhana diartikan sebagai penyakit sulit bernapas. Pada penderita asma, saluran pernapasan dan paru-parunya mengalami permasalahan sehingga si penderita mengalami kesulitan bernapas. Menurut WHO, asma merupakan salah satu di antara lima penyakit pembunuh utama di dunia. Karena itu, sebaiknya kita mengetahui ciri gejala asma dan cara penanggulangannya.

Ada beberapa ciri gejala penyakit asma. Di antaranya adalah pola bernapas yang mengalami perubahan, napas terasa berat dan menimbulkan bunyi, batuk-batuk, hidung tersumbat atau mampet, bersin terus-menerus,  tenggorokan terasa gatal, mudah merasa letih, dan susah tidur. Gejala asma pada anak biasanya ditandai dengan sesak napas, biru di sekitar mulut, dada terasa sakit, serta batuk-batuk di malam hari atau batuk musiman. Apabila gejala-gejala tersebut terjadi, sebaiknya Anda waspada.

Loading...

Bekali Diri dengan Wawasan yang Memadai

Tak ada salahnya sejak dini membekali diri dengan pengetahuan yang memadai tentang ciri gejala asma dan cara penanggulangannya mengingat asma masuk dalam lima penyakit pembunuh utama di dunia. Artinya, asma memang selayaknya diwaspadai. Apalagi, asma dapat menyerang siapa saja dan usia berapa saja. Termasuk balita. Jika tidak ditanggulangi dengan baik, maka asma bisa berakibat fatal.

Penyakit asma merupakan penyakit turunan. Apabila orang tua  memiliki penyakit asma, ada kemungkinan dia akan menurunkan asmanya kepada anaknya. Penderita asma memiliki kelainan saluran pernapasan dan paru-paru. Apabila dipicu oleh hal-hal tertentu, seperti asap rokok, polusi udara, udara dingin, kelelahan, emosi yang bergejolak, atau bahan-bahan kimia, penderita asma akan mengalami kekambuhan.

Antisipasi Lebih Baik daripada Mengobati

Penderita asma sebaiknya mengantisipasi hal-hal yang akan memicu asma kambuh. Bagaimanapun, mengantisipasi lebih baik daripada mengobati. Antisipasilah asma dengan cara menjaga lingkungan tetap bersih dan bebas polusi, kurangi beraktivitas dalam udara dingin, dan yang paling penting jangan merokok serta menjauhi asap rokok.

Para peneliti telah mempelajari dampak rokok terhadap kesehatan. Terutama pada paru-paru. Efeknya sangat berbahaya. Perokok pasif juga wajib waspada. Penelitian menemukan bukti bahwa asap rokok ternyata lebih berbahaya daripada polusi udara.

Pengobatan asma dapat dilakukan secara alami, yakni dengan cara menjalankan pola hidup disiplin. Lakukan olahraga low impact atau ringan secara teratur minimal sepuluh menit per hari. Perbanyaklah konsumsi suplemen yang mengandung omega 3. Hindari makanan yang berbahan pengawet. Termasuk gula buatan. Hindari alkohol dan junkfood. Hindari stres dan manage emosi dengan baik.

Sebaiknya, Anda membekali diri lebih banyak lagi dengan pengetahuan tentang ciri gejala asma dan cara penanggulangannya. Dengan begitu, Anda melakukan langkah antisipasi agar kemungkinan-kemungkinan yang lebih buruk dapat dihindari.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Ciri Ginjal Bermasalah
Sebelumnya: Beberapa Ciri Demokrasi Konstitusional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar