Pentingnya Mengetahui Ciri Ginjal Bermasalah


Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai pembuang racun dan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Zat-zat yang tidak bermanfaat tersebut keluar dalam bentuk air seni. Proses ini dinamakan ekskresi. Kelancaran proses ekskresi akan memastikan terjadinya proses kerja ginjal yang baik sehingga tubuh tidak mengalami gangguan yang disebabkan oleh penyakit akibat tidak sempurnanya kinerja ginjal itu sendiri. Dan berikut ciri ginjal bermasalah yang berakibat seseorang mengalami penyakit ginjal.

Setiap individu bertanggung jawab masing-masing terhadap proses kinerja oragn-organ tubuh. Satu saja organ tubuh manusia tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka akan mengganggu keseluruhan proses kerja tubuh. Dan hal ini jelas akan sangat bermasalah pada perjalanan kehidupan sehari-hari.

Ginjal dan Permasalahannya

Proses ekskresi yang menghambat pengeluaran air seni berakibat munculnya berbagai penyakit yang menyerang organ ginjal. Diantaranya, akan terasa sakit di daerah sekitar pinggang. Hal ini disebabkan terhambatnya laju batu ginjal di dalam saluran kecil yang terletak di antara kandung kemih dan ginjal. Karena hambatan ini, si penderita akan mengalami rasa nyeri, yang bisa berlangsung lama.

Ciri lain dari adanya masalah pada ginjal adalah tubuh merasa kedinginan walau pada saat itu si penderita sedang berada di ruangan yang hangat. Sesak nafas dan sering merasa pusing, juga menjadi tanda-tanda dari ginjal yang bermasalah.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, tidak terbuangnya racun bisa menyebabkan racun-racun tersebut berdiam diri di dalam tubuh, yang lambat laun mengalami penumpukan. Tubuh kemudian bereaksi akibat proses ini, diantaranya merasakan rasa gatal serta ruam pada area kulit. Yang lebih parah lagi adalah terjadinya pembengkakkan di beberapa bagian tubuh, seperti yang terjadi pada seseorang yang tersengat lebah.

Oleh karena itulah, untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi pada organ ginjal, seseorang disarankan untuk mengomsumsi air putih bersih minimal 8 gelas per/hari. Hal ini akan membantu proses kerja ginjal, sehingga racun-racun di dalam tubuh mudah untuk dibuang lewat urin.

Demikian informasi mengenai ciri ginjal bermasalah. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Produk Biocell Sunflower
Sebelumnya: Novel-novel Sedih di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar