Ciri-ciri Harimau Sumatera


Ciri harimau sebetulnya sangat mudah untuk ditentukan dibandingkan dengan jenis karnivora hutan lainnya. Pasalnya, jenis harimau tidak terlalu banyak seperti halnya jenis macan. Namun, dalam artikel ini hanya dibahas ciri-ciri harimau Sumatera.

Harimau Sumatera ini merupakan sub spesies harimau yang habitat aslinya terletak di Pulau Sumatera. Harimau langka ini merupakan satu dari enam jenis harimau yang masih bisa bertahan hidup meskipun sudah terancam punah. Populasi liarnya yang masih hidup berkisar antara 400 sampai 500 ekor dengan spesies yang bisa dipisahkan dari jenis harimau lainnya jika terus dilestarikan.

Ancaman terbesar yang dihadapi harimau jenis ini adalah penghancuran habitat dengan pembalakan yang mengakibatkan terbunuhnya 66 ekor harimau Sumatera dalam kurun waktu 2 tahun, yakni pada tahun 1998 hingga 2000.

Sub spesies terkecil dari keluarga harimau ini memiliki warna yang paling gelap dibandingkan dengan jenis harimau lainnya dengan pola hitam berukuran lebar yang jaraknya rapat. Harimau Sumatera jantan biasanya memiliki panjang sekitar 250 cm dari kepala sampai ekor, dengan berat sekitar 140 kg, dan tinggi mencapai 60 cm. Janggut pada harimau Sumatera jantan lebih lebat dibandingkan harimau jantan jenis lainnya.

Sementara itu, harimau Sumatera betina biasanya memiliki panjang 198 cm dengan berat 91 kg dan tinggi yang hampir sama. harimau jenis ini memiliki belang bulu yang lebih tipis dibandingkan dengan jenis harimau lainnya. Warnanya berkisar antara kuning kemerah-merahan sampai orange tua. Ketika melahirkan, bulu hewan ini akan berubah menjadi hijau gelap.

Ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis harimau lainnya memudahkan hewan ini untuk menjelajahi rimba. Oleh sebab itulah, hingga saat ini hewan tersebut masih bisa bertahan meskipun dalam keadaan habitat yang tidak sesuai dengan lingkungan hidupnya. Hewan ini mampu berenang dengan cepat karena pada sela-sela jarinya terdapat selaput. Mangsa yang datang akan disudutkan ke air untuk kemudian dilahapnya.

Harimau ini merupakan predator utama dalam rantai makanan karena mampu mempertahankan populasinya di bawah kendalinya. Mereka juga memiliki indera penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam sehingga tidak diperlukan waktu yang lama untuk memburu mangsanya. Hewan “soliter” ini biasanya berburu di malam hari dengan mangsa paling umum adalah babi hutan, rusa, uanggas, dan ikan. Demikianlah ciri harimau sumatera yang bisa Anda ketahui.

Selanjutnya : Kesenian Calung Jawa Barat
Sebelumnya: Cerita Secara Singkat Akhlak Penyayang Rasulullah kepada Anak Kecil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar