Beragam Ciri Iguana

Ciri Iguana – Tahukah Anda hewan Iguana? Iguana merupakan kelompok hewan jenis reptil yang ditemukan di daerah tropis. Iguana biasanya ditemukan di daerah Amerika Tengah, Amerika Selatan dan daerah Karibia. Binatang ini pertama kali dikenalkan oleh Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768. Laurenti adalah seorang “naturalis” berkebangsaan Austria.

Dalam sistem klasifikasi hewan Iguana diklasifikasikan sebagai berikut:

Loading...

Kerajaan  : Animalia
Filum        : Chordata
Kelas         : Sauropsida
Ordo          : Squamata
Famili       : Iguanidae
Genus       : Iguana

Iguana terdiri atas dua spesies yaitu:

1. I. Delicatissima (Iguana Antilles Kecil)
2. I. Iguana (Iguana Hijau)

Ciri Fisik Iguana

Baik, selanjutnya mari kita mengenal ciri-ciri fisik Iguana. Iguana merupakan binatang sejenis kadal, yang memiliki ciri fisik yang khas dan sangat berbeda dengan jenis kadal yang sering ditemui di Indonesia.

Pada bagian bawah rahang kedua spesies Iguana ini –Iguana Antilles Kecil dan Iguana Hijau- terdapat lipatan kulit. Dari punggung hingga ekor berderet sekumpulan kulit yang mengeras. Kemudian, pada bagian kepalanya terdapat mata parietal –mata ketiga- yang menyerupai tonggak.

Pada bagian belakang leher terdapat tuberculate scale yaitu berupa sisik kecil yang menyerupai paku panjang. Sementara pada pipinya juga terdapat sisik besar bundar yang disebut dengan “selubung subtimpani”.

Hewan ini memiliki telinga yang disebut dengan tympanum. Timpanum merupakan gendang telinga Iguana sekaligus merupakan bagian organ tubuh Iguana yang sangat tipis, lembut dan berperan penting dalam menjalankan fungsi pendengaran pada binatang ini. Posisi timpanum terletak di sisi kanan atas selubung subtimpani dan di bagian belakang mata.

Iguana dikenal sebagai binatang yang memiliki penglihatan yang tajam. Reptil ini mampu melihat bayangan, bentuk, warna maupun gerakan dalam jarak jauh.

Iguana memaksimalkan kemampuan penglihatannya untuk menjelajahi hutan lebat guna mencari makanan. Mata bagi Iguana juga berfungsi sebagai alat komunikasi dengan spesies yang sama.

Ciri Iguana yang sangat menonjol adalah kemampuannya untuk melindungi diri. Reptil ini sangat sulit ditemukan oleh musuh-musuhnya. Karena Iguana memiliki kemampuan untuk menyatukan diri dengan warna lingkungan.

Warna hijau alami yang mendominasi tubuhnya sangat berperan membantu binatang ini. Terutama untuk menyembunyikan diri dan menyelamatkan diri dari mangsa predator.

Loading...
Selanjutnya : Manfaat Buah dan Sayuran
Sebelumnya: Peluang Usaha Jadi Penjahit Baju
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar