Mengenal Ciri Menstruasi

Menstruasi sebenarnya merupakan hal yang normal terjadi pada kaum wanita, yang umumnya akan datang pada usia remaja hingga dewasa. Menstruasi akan tetap terjadi kepada seorang wanita pada usia yang dimaksud di atas selama dia belum mengalami apa yang disebut dalam dunia kedokteran dengan menopause. Kendati demikian, walaupun siklus merupakan sesuatu yang normal, perlu diketahui ciri menstruasi yang sehat agar prosesnya nanti bisa berjalan dengan lancar.

Sebelumnya, apa itu menstruasi? Dalam istilah kedokteran, menstruasi diartikan sebagai gejala fisologis yang dialami oleh wanita, tubuh si wanita tersebut akan mengalami perubahan yang berlangsung secara berkala. Proses yang terjadi demikian, juga diakibatkan oleh pengaruh hormon reproduksi,  yakni FSH-Estrogen atau LH-Progesteron.

Loading...

Menstruasi atau lazimnya disebut haid memiliki siklus kedatangannya yang beragam. Akan tetapi, secara umum terjadi setiap kali dikisaran 21 hingga 30 hari serta prosesnya (kejadiannya) berlangsung rata-rata selama 5 hari.

Volume darah yang keluar selama proses terjadi menstruasi atau haid ini adalah sebanyak 35mL dalam kurun waktu satu hari, atau 175mL darah yang keluar selama si wanita mengalami menstruasi pada siklus yang normal.

Jumlah darah yang keluar selama proses menstruasi ini dapat dijadikan salah satu patokan untuk menilai seorang wanita mengalami proses haid yang normal atau tidak. Karena jika volume darah yang keluar melebihi jumlah tersebut, atau melebihi batas normal yakni 80mL/hari dan terjadi hingga 15 hari lebih, maka bisa dikatakan bahwa proses menstruasi atau haid yang terjadi adalah tidak normal dan tidak sehat.

Sebelum terjadinya menstruasi, tubuh akan merespons dengan berbagai gejala yang timbul seperti badan dan area sekitar punggung akan mengalami pegal-pegal. Namun jangan khawatir karena hal ini adalah normal. Badan dan area sekitar punggung yang tadinya mengalami pegal-pegal, dengan sendirinya akan kembali normal saat proses menstruasi memasuki hari ke-3.

Walaupun demikian, menstruasi yang normal dan sehat, tidak menjamin bahwa si wanita akan mengalami kondisi tubuh yang nyaman. Bahkan, secara psikologis, proses haid juga mempengaruhi kondisi emosi sehingga si wanita sering kelihatan marah ketika akan mengalami menstruasi.

Demikianlah ciri-ciri menstruasi, mudah-mudahan bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Efek Laptop Dan Modem Bagi Kesehatan
Sebelumnya: Ciri Khas Koran Republika – Menilik Sejarah Koran Republika
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar