Contoh 2 Khotbah Shalat Jumat tentang Pendidikan dan Akhlak

Dalam contoh 2 khotbah shalat Jumat yang dilakukan di lingkungan pendidikan, materi yang diangkat sebaiknya berhubungan dengan pendidikan. Hal ini terkait dengan arti penting pendidikan dalam pembentukan akhlak seseorang. Tanpa ada pendidikan yang memadai, maka seseorang akan tumbuh menjadi manusia tanpa akhlak.

Contoh Khotbah

Dalam khotbah Jum’at seorang khatib sebaiknya menyadari bahwa manusia memiliki fitrah untuk hidup di dunia. Manusia harus menyadari, bahwa segala sesuatu yang ada di dalam kehidupan manusia, tidak bisa dilepaskan dari hukum dan kehendak Allah sebagai Dzat Pencipta atas segala. Alam beserta semua isinya tercipta atas kehendak Allah.

Terkait dengan proses ikhtiar ini, manusia diwajibkan untuk bisa membina generasi muda, agar bisa tumbuh menjadi generasi yang baik. Generasi muda merupakan kelompok yang akan memegang peranan penting dalam proses perkembangan kehidupan sebuah bangsa.

Bila pemuda dalam sebuah negara baik, maka negara akan maju. Sebaliknya bila sebuah negara dihuni oleh generasi muda yang memiliki akhlak kurang baik, niscaya negara tersebut akan mengalami masa kehancuran.

Pendidikan moral dan akhlak, adalah hal yang sangat penting untuk menciptakan generasi muda yagn baik dan berkualitas. Pendidikan terbaik bagi manusia, berawal dari keluarga. Peran keluarga sangat penting dalam membentuk pondasi mental seorang manusia. Setelah pendidikan keluarga, generasi muda harus pula mendapatkan bekal pendidikan melalui institusi pendidikan. Dalam lembaga pendidikan ini, generasi muda mulai memperoleh bidang ilmu yang berkaitan dengan kecerdasan intelektual.

Ilmu pengetahuan mulai diberikan pada lembaga pendidikan seperti sekolah. Di sekolah, siswa akan belajar tentang berbagai ilmu yang sudah dikemukakan oleh para pemikir terdahulu. Materi seperti matematika, pelajaran bahasa asing atau juga tentang keterampilan, diajarkan sebagai bekal bagi generasi muda untuk bisa bertahan dalam kehidupan. Dengan bekal ini, seseorang akan memiliki kesempatan bersaing dalam dunia kerja.

Pendidikan Mental

Sementara, untuk bisa mendapatkan pendidikan mental dan moral, pesantren merupakan lembaga yang paling tepat. Di pesantren generasi muda akan belajar dan berdiskusi tentang ilmu agama. Kajian mengenai konsep keilmuan yang berdasar pada Al Qur’an dan hadist, dipelajari sebagai cara untuk menciptakan generasi muda yang dekat dengan kehidupan agama.

Hal ini seiring dengan fenomena yang terjadi sekarang ini. Dimana banyak generasi muda lebih memilih menghabiskan waktu mereka demi kegiatan yagn kurang bermafaat. Glamoritas dunia malam, merupakan salah satu sumber penyebab mengapa generasi muda sekarang ini memiliki mental yang kurang positif.

Mereka lebih menyukai berhura-hura dan menghabiskan uang untuk kegiatan yang kurang bermafaat. Sementara aktivitas yang bermanfaat, cenderung kurang disukai. Generasi muda tidak lagi menjadikan belajar sebagai prioritas kegiatan saat malam hari tiba. Sebaliknya mereka lebih memilih tempat hura-hura mana yang akan mereka datangi.

Padahal, Rasulullah sudah mengajarkan bagaimana membentuk akhlak yang mulia. Rasulullah mengingatkan kepada umat Islam, dengan akhlak yang mulia, maka seseorang bisa mendapatkan kemuliaan. Bukan hanya bagi diri mereka sendiri, namun juga bagi masyarakat.

Generasi muda yang memiliki bekal agama, merupakan perintah dari Rasulullah kepada para orang tua. Karena generasi muda inilah, yang akan menjadi tabungan para orang tua saat mereka sudah meninggal dunia. Generasi mudalah yang akan mengirimkan doa, kepada orang tua mereka kelak.

Demikianlah artikel mengenai contoh 2 khotbah shalat Jumat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Penyebab Kecepatan Speedy Menurun Meningkat 2013
Sebelumnya: Hal yang Perlu Diketahui Tentang Teori Kedaulatan Hukum
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini