Contoh Abstrak dalam Makalah, Mengenal Bagian-bagian Makalah


Membuat karya ilmiah seperti makalah, mau tidak mau kita harus mengikuti aturan tata penulisan karya ilmiah yang sudah ditetapkan. Makalah secara sistematis tersusun atas beberapa bagian yang baku yang membedakannya dengan tulisan artikel populer. Berikut adalah contoh abstrak dalam makalah dan bagian-bagian lainnya dalam penulisan makalah.

Pertama: Abstrak

Dalam pembuatan makalah atau karya ilmiah, umumnya halaman abstrak ditempatkan setelah judul makalah. Abstrak hadir untuk memberikan deskripsi singkat tentang isi makalah. Hal-hal yang dibahas abstrak diupayakan fokus memotivasi pembaca supaya tertarik membaca makalah secara utuh.

Kedua: Kata Pengantar

Kata pengantar menempati halaman-halaman awal dalam sebuah makalah. Bagian ini berisi tentang penjelasan ringkas tentang proses penyusunan makalah, kata-kata harapan penulis, ucapan terimakasih dan hal-hal lain yang dirasa perlu oleh penulis.

Ketiga: Daftar Isi

Bagian ini memuat daftar bagian-bagian tulisan berikut petunjuk halaman. Daftar isi merupakan peta, alat bantu, atau petunjuk dalam menjelajahi sebuah makalah.

Keempat: Pendahuluan

Sebagaimana tulisan ilmiah lainnya, bagian pendahuluan pada makalah memuat tentang latar belakang, tujuan, dan manfaat. Melalui bab pendahuluan ini pembaca mengetahui hal-hal yang melatarbelakangi pembuatan makalah maupun pengambilan tema tulisan. Selain itu juga dipaparkan tentang apa tujuan penulisan dan manfaat yang diharapkan dari penulisan makalah tersebut.

Kelima: Landasan Teori

Landasan teori ini memuat tentang kumpulan teori, kutipan pustaka, pendapat ahli dari sumber-sumber referensi yang dapat dipertanggungjawabkan. Biasanya, diambil langsung dari buku-buku teks, jurnal, dan referensi-referensi lainnya.

Keenam: Pembahasan

Ini adalah bagian inti dari penulisan makalah. Pada bagian ini, tema atau permasalahan yang diangkat dibahas berdasarkan landasan teori yang ada. Penulis dengan kemampuan intelektualnya mencoba mengurai rumusan masalah satu per satu.

Kemudian, dibahas dan dijabarkan sesuai teori yang ada. Kemudian, hasil pembahasan tersebut diterjemahkan dalam bahasa  tulisan yang runtut dan bisa dipahami.

Ketujuh: Kesimpulan

Berdasarkan hasil pembahasan yang dijabarkan secara lengkap, kemudian ditarik kesimpulan ringkas dari pembahasan tersebut. Bagian ini merupakan intisari dari penulisan makalah.

Kedelapan: Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah bagian makalah yang berisi sumber-sumber rujukan dalam karya ilmiah tersebut.

Dari penjabaran bagian-bagian makalah di atas bisa disimpulkan bahwa, tidak ada keharusan menuliskan contoh abstrak dalam makalah. Abstrak adalah tulisan ringkas yang memuat intisari tulisan ilmiah yang lazim ditemukan pada skripsi, tesis, dan sejenisnya.

Selanjutnya : Akibat dari Pemanasan Global dan Solusinya
Sebelumnya: Definisi Makanan Ringan dan Efeknya Bagi Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar