Contoh Acara dalam Rapat


Rapat diadakan untuk membahas mengenai permasalahan atau rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh sekumpulan orang. Rapat bervariasi tergantung dari sekumpulan orang yang melakukannya, teman kerja, teman sekolah, keluarga, dll. Hal ini akan memengaruhi contoh acara dalam rapat yang akan dilakukan.
Jika rapat dengan teman kerja untuk mendiskusikan sesuatu mengenai pekerjaan, rapat ini bisa disebut Rapat Pemecahan Masalah. Acara yang ada di dalam rapat ini tidak akan menyimpang ke mana-mana karena keefektivitasan sangat dibutuhkan.

Acara pada rapat dengan teman kerja akan dibuka dengan sedikit bahasan awal, mengapa diadakan rapat, lalu bisa jadi adanya presentasi dari salah seorang rekan kerja, kemudian dengar pendapat atau umpan baliknya. Lalu, pemimpin rapat yang memutuskan sesuai diskusi hasil rapat tersebut.

Kemudian untuk rapat dengan teman sekolah biasanya di kegiatan ekstrakurikuler sekolah atau Tugas Proyek Bersama. Untuk jenis rapat ini biasanya tidak formal. Jika rapat tersebut adalah untuk membicarakan acara yang akan dilaksanakan, biasanya ketua pelaksana yang memimpin rapat tersebut. Kemudian setiap divisi memberikan kabar terbarunya mengenai perkembangan hal-hal apa saja yang telah dilakukan dan masalah yang dihadapi.

Setelah semua berbicara atau di sela-selanya, teman dari divisi lain atau ketua pelaksana bisa Memberikan Solusi untuk divisi yang membutuhkan pemecahan masalah. Biasanya di sini terdapat notulen atau sekretaris acara yang menulis apa yang sedang berlangsung. Setelah itu, jika merasa rapatnya cukup, rapat untuk menyiapkan acara di sekolah selesai.

Sementara itu, jika rapat dengan teman sekolah untuk tugas pelajaran bersama, akan menjadi lebih tidak formal lagi. Biasanya akan langsung pada pembagian tugas, bagaimana pengerjaannya, dan kapan akan batas pengumpulan tugas yang akan disatukan bersama teman sekelompok yang lain. Terkadang jenis rapat ini bahkan tidak bertemu langsung, tetapi melalui ponsel.

Selanjutnya untuk Rapat Dalam Keluarga. Jika dilakukan rapat biasanya membahas mengenai pernikahan atau hajatan salah satu anggota keluarga dan anggota keluarga yang, lain diminta bantuannya dalam pelaksanaan hajatan tersebut. Selain itu, juga bisa acara rapat jika terjadi masalah keluarga. Rapat ini berbentuk informal, yang terpenting adalah konten yang didiskusikan. Biasanya orang tua yang memimpin rapat atau kakak tertua.

Itulah contoh acara dalam rapat yang ada di sekitar kita. Mungkin tanpa disadari kita telah melakukan rapat dengan versi kita masing-masing. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Sajak Bahasa Indonesia
Sebelumnya: Daftar Spesies Langka Saat Ini di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar