Contoh Akar Persamaan Kuadrat Nilai Tidak Nyata dan Nilai Nyata


Matematika adalah ilmu berhitung yang mempelajari berbagai materi seperti faktor, akar, penjumlahan, pengurangan, pecahan, perkalian dan masih banyak lagi. Salah satu materi yang seringkali dianggap sulit oleh sebagian besar orang adalah persamaan kuadrat. Contoh mengenai akar persamaan kuadrat untuk nilai nyata dan contoh akar persamaan kuadrat nilai tidak nyata bisa ditemukan di berbagai sumber seperti buku-buku pelajaran dan sebagainya.

Bentuk umum akar persamaan kuadrat adalah ax² + bx + c = 0 dimana x merupakan variabel dan a, b dan c merupakan konstanta. Akar-akar persamaan kuadrat ini ada yang bernilai nyata namun ada juga contoh akar persamaan kuadrat nilai tidak nyata. Tujuan adanya persamaan kuadrat ini adalah untuk mengetahui nilai dari x atau variabel tertentu. Nilai ini bisa dicari dengan menggunakan beberapa cara seperti memfaktorkan, melengkapi bentuk kuadrat dan juga menggunakan rumus abc.

Untuk memfaktorkan persamaan kuadrat, langkahnya adalah sebagai berikut:

ax² + bx + c = 0 ……………… (1)

a (x + p/a) (x + p/a) = 0……… (2)
x1 = – p/a dan x2 = – q/a

Jika diketahui persamaan seperti bagian (1), maka langkah selanjutnya adalah mengubah menjadi langkah (2). Selnjutnya tinggal mencari x1 dan 2 dengan menggunakan rumus tersebut.

Cara selanjutnya adalah dengan melengkapi bentuk kuadrat yang bisa dilakukan dengan cara di bawah ini:

(x + p)² = q² ……….. (1)

x + p = ± q………… (2)

x1 = q – p dan x2 = – q – p

Cara terakhir adalah menggunakan rumus abc yaitu dengan menggunakan rumus berikut:

ax² + bx + c = 0

X1,2 = ( [-b ± Ö(b²-4ac)] / 2a

Sifat-sifat akar persamaan kuadrat yang bernilai nyata maupun tidak nyata juga bisa diperluas sehingga menjadi beberapa jenis yaitu kedua akar yang berlawanan, kedua akar yang berkebalikan, kedua akar positif, kedua akar negative, kedua akar berlainan tanda dan kedua akar rasional.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai akar persamaan kuadrat yang termasuk di dalamnya contoh akar persamaan kuadrat bernilai nyata dan contoh akar persamaan kuadrat nilai tidak nyata.

Selanjutnya : Berburu Kuliner Enak di Mall Surabaya
Sebelumnya: Profil Emirates
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar