Contoh Akhlak Nabi Yang Baik


Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan terbaik sepanjang masa. Dalam dirinya terkumpul sifat-sifat terpuji yang wajib dicontoh oleh setiap umatnya. Dalam salah satu hadist, Rasulullah SAW mengatakan bahwa salah satu tujuan diutusnya Nabi Muhammad SAW adalah untuk menyempurnakan akhlak.

Bahkan Aisyah menggambarkan dengan indah tentang akhlak Rasul, yaitu akhlak Rasulullah SAW adalah Al Quran. Jadi, bagaimana Al Quran menggambarkan tentang akhlak terpuji, demikianlah akhlak yang tergambar dari diri Rasulullah SAW.

Macam-macam Akhlak Nabi

Secara umum akhlak-akhlak mulia yang melekat pada diri Nabi Muhammad SAW diantaranya yaitu:

a. Siddiq

Siddiq artinya benar atau selalu berkata jujur. Rasulullah semenjak belia dikenal sebagai pemuda yang jujur. Kata-katanya selalu dipercaya dan bisa dijadikan sebagai pegangan. Kejujurannya inilah yang membuat Nabi Muhammad SAW mendapat predikat siddiq di tengah-tengah masyarakat Makkah.

b. Amanah

Kejujuran itu kemudian melahirkan kepercayaan yang tinggi terhadap Nabi Muhammad SAW. sehingga Nabi Muhammad SAW kemudian juga dikenal sebagai sosok yang amanah. Apa yang dimaksud dengan amanah? Amanah artinya dapat dipercaya. Kaum kafir Quraisy, sekalipun mereka membenci Nabi Muhammad SAW karena risalah Islam yang dibawanya, namun mereka tetap menaruh kepercayaan besar pada Nabi Muhammad SAW. Tidak jarang mereka menitipkan harta benda mereka di tangan Nabi Muhammad SAW.

c. Fathonah

Fathonah artinya cerdas. Rasulullah adalah sosok yang cerdas dan selalu menggunakan kecerdasannya untuk kemajuan Islam.

d. Penyayang

Rasulullah adalah sosok penyayang pada sesame, khususnya kaum yang lemah. Ia menyayangi kaum fakir miskin, menyayangi anak-anak dan umat islam secara keseluruhan. Bahkan, di akhir hayatnya, Rasulullah masih memikirkan umatnya. Hal itu tercermin dari kata-kata yang keluar dari lisannya menjelang wafat.

Demikianlah beberapa contoh akhlak nabi yang baik dan layak kita teladani sebagai bentuk kecintaan kita pada beliau. Masih banyak akhlak-akhlak mulia yang melekat pada diri beliau. Untuk meengetahui lebih jauh tentang keindahan akhlak nabi, sangat dianjurkan agar kita membaca sejarah hidup rasul (shiroh nabawiyah) maupun kitab-kitab hadist. Semoga kita termasuk golongan umatnya yang senantiasa memperindah akhlak dalam diri.

Selanjutnya : Aplikasi Pembaca E-Book untuk Semua File E-Book
Sebelumnya: Memahami Dinamika Sistem Nilai Tukar Rupiah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar