Contoh Algoritma Dan Pemrograman Dasar Komputer


Contoh algoritma dan pemograman dasar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , arti algoritma (algoritme) adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis di langkah-langkah terbatas; urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Sumber lain menyatakan ilmu algoritma adalah kumpulan perintah untuk menyelesaikan masalah, yang mana perintah ini dapat diterjemahkannya dari awal hingga akhir, secara bertahap.

Kita kenal algoritma dari ilmu matematika, algoritma berkembang seiring dengan berkembangnya ilmu komputer, lengkap dengan peralatan dan perlengkapannya. ilmu algoritma pun dikenal sebagai bagian dari ilmu komputer.

Ciri algoritma menurut Knuth (The Art Of Computer Programming) ada lima ciri yang dimiliki algoritma, yaitu (1) tiap langkah harus didefinisikan dengan jelas, (2) algoritma memiliki satu atau kebih keluaran atau output, yaitu besaran yang memiliki hubungan dengan input, (3) algoritma berhenti setelah mengerjakan sejumlah sejumlah langkah terbatas, aksi dalam logaritma terjadi hanya dalam waktu terbatas, (4) algoritma memiliki nol atau lebih input, yaitu besaran yang diberikan kepada logaritma sebelum mulai bekerja, (5) algoritma harus efektif, langkahnya sederhana, dikerjakan dalam waktu yang logis.

Contoh penulisan algoritma , Algoritma Bilangan _Maksimum {dibaca tiga buah bilangan dari keyword:cari tiga bilangan bulat maksimum } Deklarasi : Bil1, Bil2, Bil3 : integer {bilangan yang dicari maksimumnya} MAX integer {variable bantu} Deskripsi: Read {Bil1, Bil2} if Bil1>=Bil2 then Bil1=MAX Else Bil2=MAX Read (Bil3)if Bil3>=MAX then Bil3=MAX write (MAX)3.

Dasar algoritma dan pemograman, algoritma ada membantu pemrograman computer, seperti halnya manusia yang memiliki bahasa untuk berkomunikasi, supaya dapat dimengerti apa yang kita sampaikan dengan lawan bicara tentu saja harus dengan bahasa yang sama. Jika kemudian tidak mengerti dengan bahasa lawan bicara kita, akan lebih mudah jika meminta bantuan penerjemah. Begitu pula dengan algoritma awamnya dapat menterjemahkan bahasa computer sehingga kita orang awam dapat mengerti.

Ada banyak contoh algoritma dan perograman dan ada banyakjuga klasifikasi dalam algoritma, setiap algoritma memiliki fungsinya yang berbeda, salah satu Jenis algoritma tersebut adalah dynamic programming, divide and conguer, dan algoritma serakah.

Selanjutnya : Perkembangan IPA bagi Kehidupan Manusia
Sebelumnya: Jamu Kunyit Asem Beserta Penjelasanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar