Contoh Artikel Ekonomi – Kondisi Ekonomi di Jepang


Berikut ini akan dikemukanan tentang contoh artikel ekonomi yang mengambil studi kasus pada kondisi ekonomi negara Jepang dewasa ini. Diprediksi, pada tahun 2050 nanti, Jepang akan menjadi negara miskin.

Pada saat itu, diperkirakan kekayaan Jepang ‘hanya’ sepertiga dari India dan seperenam dari Amerika dan Cina. Sebuah prediksi yang akan membuat banyak pembaca terkejut. Bagaimana bisa negara semaju Jepang bisa dinilai akan segera menuju gerbang kehancuran?

Century Public Policy Institute sebuah lembaga think thank terkemuka yang mengeluarkan pernyataan ini tentu tidak asal berbicara saja. Ada serangkaian data yang dipadu dengan ketajaman analisis yang menjadi dasar dari pernyataan ini.

Jepang yang menganut sistem ekonomi pasar bebas ini sekarang menjadi negara yang berada di urutan ke-3 setelah Cina dan Amerika dalam hal kekuatan ekonominya.

Sebelumnya, Jepang menempati posisi kedua. Performa Cina yang sangat bagus dalam hal pertumbuhan ekonominya memaksa Jepang untuk turun satu tingkat di bawahnya.

Beberapa hal yang menjadi penyebab dari menurunnya ekonomi Jepang, antara lain terkait dengan permasalahan demografisnya. Saat ini, Jepang mulai menghadapi masalah yang serius terkait dengan masyarakatnya.

Angka kelahiran di Jepang termasuk rendah. Sedangkan jumlah penduduknya yang termasuk dalam angkatan tua semakin meningkat. Ini seiring dengan meningkatnya angka harapan hidup. Dengan meningkatnya jumlah lansia dan berkurangnya angka kelahiran membuat tenaga kerja produktif menjadi berkurang.

Kondisi ini ditunjang dengan semakin menipisnya cadangan devisi dan juga tingkat investasi yang semakin menurun. Selain itu, pada tahun 2050 juga, diperkirakan jumlah utang yang membebani Jepang sebesar 600 persen dari total PDB dengan jumlah penduduk yang hanya sepertiga dari jumlah penduduk saat ini. Masa depan Jepang yang cukup suram.

Selain mengeluarkan berbagai prediksi buruk ini, ada juga saran yang diberikan kepada pemerintah Jepang dalam mengambil berbagai kebijakan-kebijakan yang bersifat preventif untuk menciptakan kondisi perekonomian Jepang yang lebih baik.

Salah satu kebijakan yang bisa diambil, antara lain dengan meningkatkan partisipasi dari tenaga kerja wanita. Dengan upaya ini, diharapkan perkembangan perekonomian Jepang akan semakin menggembirakan.

Demikian sekilas tentang gambaran perekonomian Jepang di masa yang akan datang. Semoga contoh artikel ekonomi tersebut bermanfaat.

Selanjutnya : Kunyit Asem Manfaat
Sebelumnya: Tempat Hiburan Anak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar