Contoh Artikel Penyimpangan Sosial Remaja


Contoh artikel penyimpangan sosial remaja ada beragam tema, diantaranya tawuran remaja, penyalahgunaan narkoba, geng motor, seks bebas, dan lain-lain. Artikel ini hanya akan membahas salah satu dari penyimpangan sosial remaja, yaitu masalah tawuran.

Penyimpangan Sosial Remaja

Tawuran adalah salah satu bentuk penyimpangan remaja yang tidak hanya merugikan remaja tersebut tapi juga merugikan pihak lain. Tawuran dapat menyebabkan fasilitas umum rusak dan korban luka hingga tewas. Orang-orang di sekitar daerah tawuran juga akan terpengaruh dan bisa jadi korban jika terlalu mendekati tempat tawuran.

Remaja yang usianya masih belasan tahun seharusnya terlalu sibuk belajar di sekolah dan mengikuti kegiatan ekstra kulikuler. Tapi nyatanya kita masih sering melihat banyaknya remaja yang mengadakan acara tawuran. Alasan mereka melakukan tawuran bisa bermacam-macam. Ada yang memang memiliki dendam dengan sekolah lain, karena masalah perempuan, masalah pertengkaran antara dua siswa, dan lain-lain.

Alasan itu kadang hanya sebuah pemicu yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara yang damai. Namun, beberapa kelompok remaja lebih suka menyelesaikan masalah tersebut dengan tawuran. Sifat remaja yang mudah terpengaruh, mudah emosi, dan ingin diakui keberadaannya membuat tawuran menjadi pilihan yang mereka pikir “seru” untuk dilakukan. Pemikiran jangka pendek tersebut nyatanya dapat berpengaruh buruk baik bagi dirinya maupun orang lain.

Sebagai orang tua ataupun keluarga dari remaja yang sering tawuran harusnya sudah memberikan nasehat kepada remaja tersebut bahwa tawuran itu bukanlah cara yang baik untuk menyelesaikan sebuah masalah. Selain nasehat, remaja juga membutuhkan perhatian dari keluarganya.

Orang tua juga harus bisa berkaca pada dirinya sendiri, apakah ada kesalahan dalam mendidik, ataukah ada kekurangan dalam memberikan perhatian pada remaja tersebut. Orang tua juga harus bisa melindungi anaknya dari lingkungan yang tidak baik untuknya. Remaja perlu mendapatkan perhatian yang tak kalah khususnya dibandingkan anak-anak.

Tawuran sebagai salah satu bentuk penyimpangan remaja seharusnya tidak terjadi lagi jika pihak-pihak di sekitar remaja turut serta dalam menanggulanginya. Contoh artikel penyimpangan sosial remajaini bisa diperkaya lagi dengan membaca buku-buku sosiologi dan juga psikologi remaja. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Resiko Buruk Menonton di Bioskop Murah
Sebelumnya: Artikel Tentang Minuman yang Haram
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar