Contoh Bab 2 Penulisan Ilmiah, Landasan Teori


Contoh bab 2 penulisan ilmiah dalam sistematika penulisan karya tulis ilmiah adalah landasan teori. Landasan teori memuat tentang materi-materi yang digunakan sebagai acuan dalam penulisan karya ilmiah nantinya. Materi-materi tersebut diambil dari jurnal hasil penelitian, buku-buku referensi, pendapat ahli, dan sumber-sumber referensi lain yang bisa dipertanggungjawabkan.

Bagian-bagian Landasan Teori

Pada umumnya, bab 2 yang berupa landasan teori dalam sistematika penulisan karya ilmiah dapat dibagi menjadi dua subbab, yaitu sebagai berikut.

1. Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka merupakan hasil studi pustaka yang dilakukan oleh penulis. Jadi, sebelum menulis karya ilmiah, seorang penulis selain melakukan riset, sebaiknya juga melakukan studi pustaka. Hal ini bertujuan untuk memperkaya wawasan dan memperkuat argumen dalam menulis karya ilmiah nantinya.

Oleh karena itu, sebelum memulai karya tulis ilmiah, ada baiknya Anda membuat daftar beberapa hal yang dibutuhkan nantinya dalam menyusun karya tulis ilmiah, termasuk list buku-buku, jurnal, dan sumber referensi lainnya yang dibutuhkan. Sehingga, Anda akan lebih fokus dalam mencari referensi di perpustakaan, internet, ataupun toko buku.

2. Hipotesis

Hipotesis adalah kesimpulan sementara penulis untuk rumusan masalah yang diangkat pada penelitian dan penyususnan karya ilmiah tersebut. Hipotesis ini bisa jadi sesuai dengan kesimpulan pembahasan. Bisa jadi juga bertentangan. Dengan kata lain, tujuan dari penelitian/riset adalah untuk membuktikan hipotesis yang telah dibuat oleh penulis.

Manfaat Landasan Teori

Manfaat penting dari landasan teori ini adalah untuk membantu penulis dalam menguatkan pendapat dan argumennya pada bab pembahasan. Landasan itu ibarat fondasi bagi sebuah bangunan.

Jika ia kuat, maka apa yang dibangun di atasnya juga akan kuat. Sebaliknya, jika ia rapuh, maka apa yang dibangun di atasnya juga akan rapuh dan mudah untuk diruntuhkan.

Untuk lebih memahami tentang sistematika penulisan ilmiah ini, Anda bisa melihat contoh bab 2 penulisan ilmiah pada penulisan skripsi, tesis, atau makalah ilmiah. Demikian informasi mengenai salah satu bab dalam sistematika penulisan karya ilmiah. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Selanjutnya : Belajar Angka Romawi
Sebelumnya: Penyebab Penyimpangan Kelompok dan Cara Menanggulanginya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar