Contoh Barang yang Tak Berwujud

Contoh barang yang tak berwujud memang tidak mudah untuk dideskripsikan. Karena sesuai dengan namanya, tidak berwujud atau tidak memiliki bentuk yang bisa digambarkan.

Barang tak berwujud adalah barang yang tidak memiliki wujud (bentuk nyata). Sehingga, tidak bisa teridentifikasi oleh indra penglihatan. Namun, keberadaan barang tersebut bisa dirasakan, didengar atau dimanfaatkan. Sehingga, kita yakin bahwa barang tersebut benar-benar ada.

Loading...

Sangat berbeda dengan barang berwujud, yang bisa diidentifikasi dengan indra penglihatan. Contohnya; meja, kursi, pulpen, buku, baju, dan lain sebagainya. Kita bisa mendeskripsikan bentuk barang tersebut dengan mudah. Namun, barang tak berwujud tidak demikian.

Kita tidak bisa mendeskripsikan dengan jelas, melainkan hanya deskripsi imajinasi saja.
Mungkin Anda penasaran, apa sih contoh nyata dari barang tak berwujud ini? Apakah artikel ini sedang membicarakan tentang dunia lain dan makhluk gaib? Tentu saja tidak. Barang tidak berwujud yang saya maksud di sini adalah seperti berikut.

Udara, Gas, Angin, dan Sejenisnya

Udara adalah barang (zat) yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Keberadaannya di sekitar kita adalah pasti. Tanpa adanya udara, mustahil akan ada kehidupan. Karena udara dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernapas.

Namun, pernahkah Anda melihat wujud udara? Pasti tidak pernah, bukan? Sebab, udara adalah zat yang tidak kasat mata. Demikian juga dengan gas, angin, dan sejenisnya. Kita hanya bisa merasakan keberadaannya, tanpa pernah bisa melihat wujudnya.

Suara  

Demikian juga dengan suara. Kita hanya bisa mendengar dengan indra pendengaran. Namun, tidak bisa melihat dan meraba wujudnya. Sehingga, suara juga kita sebut barang tak berwujud.

Gelombang Elektromagnetik

Manusia bisa memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk berbagai hal. Seperti dalam teknologi komunikasi misalnya. Namun, seperti apa bentuk gelombang elektromagnetik juga tidak bisa dideskripsikan.

Demikian contoh barang yang tak berwujud yang dimaksud dalam artikel ini. Anda bisa sepakat, bukan? Anda tidak pernah melihat udara, tapi meyakini bahwa udara itu ada. Anda tidak pernah melihat gelombang elektromagnetik, tapi yakin bahwa gelombang elektromagnetik itu ada dan bermanfaat bagi manusia. Masih banyak contoh-contoh lainnya.

Loading...
Selanjutnya : Kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia yang Pernah Berjaya
Sebelumnya: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keragaman Flora Dan Fauna Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar