Contoh Benda Beserta Keterangannya dalam Pesawat Sederhana


Contoh Benda Beserta Keterangannya dalam Pesawat Sederhana

Tahukah Anda contoh benda beserta keterangannya dalam pesawat sederhana? Pesawat sederhana adalah alat bantu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pada prinsipnya, pesawat sederhana berfungsi untuk memperbesar gaya dan kecepatan, mengubah arah benda, dan memindahkan energi.

Ide penggunaan pesawat sederhana ini digagas oleh Archimedes. Ide dasarnya adalah menemukan alat yang bisa digunakan untuk mempermudah aktivitas manusia. Bahan percobaan Archimedes waktu itu berupa sekrup, tuas, dan katrol. Dari sinilah akhirnya ide pesawat sederhana berhasil digali dan dikembangkan lebih lanjut. Pada artikel ini, kita akan dibahas contoh benda beserta keterangannya dalam pesawat sederhana.

Pertama, tuas (pengungkit). Tuas berupa batang dengan satu titik tumpu. Salah satu contoh tuas adalah tongkat. Bagaimana agar tongkat berfungsi sebagai pesawat sederhana?

Perhatikan ilustrasi berikut ini. Seorang anak hendak memindahkan sebuah batu besar. Ia menggunakan sebatang tongkat, lalu meletakkan salah satu ujung tongkat tersebut di bagian bawah batu. Selanjutnya, anak tadi meletakkan sebuah balok kayu di bawah tongkat. Dalam hal ini tongkat berfungsi sebagai tuas, sedangkan balok kayu merupakan titik tumpunya. Contoh tuas yang lain, yakni gunting, pembuka tutup botol, pemecah kemiri, gerobak beroda satu.

Kedua, katrol. Katrol berupa roda yang dihubungkan dengan tali. Katrol berfungsi untuk memindahkan dan mengangkut benda. Salah satu contoh katrol adalah katrol untuk menimba air sumur. Contoh katrol lainnya adalah pengangkat peti kemas, gerinda, roda.

Ketiga, bidang miring. Bidang miring adalah sebuah bidang rata yang menghubungkan dua tempat dengan ketinggian yang berbeda. Prinsip kerja bidang miring ini sebagaimana jalan di pegunungan yang berkelok-kelok.

Dengan model jalan yang seperti ini, tenaga yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit daripada model jalan yang menanjak. Hanya saja penggunaan bidang miring memiliki kelemahan, yakni jarak tempuhnya menjadi lebih jauh. Salah satu contoh penerapan bidang miring adalah seorang pekerja yang memindahkan drum besar ke atas truk dengan menggunakan sebuah papan. Dengan cara ini, drum lebih mudah dipindahkan.

Demikianlah pembahasan contoh benda beserta keterangannya dalam pesawat sederhana. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Contoh Ceramah tentang Sedekah
Sebelumnya: Menentukan Ciri-ciri Tanah yang Biasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar