Contoh Bentuk Stratifikasi Sosial


Seperti apa contoh bentuk stratifikasi sosial? Stratifikasi berasal dari bahasa Latin, yaitu stratum (bentuk tunggal) atau strata (bentuk jamak) yang artinya berlapis-lapis. Dalam ilmu sosiologi, stratifikasi sosial didefinisikan sebagai pengelompokan atau pembedaan masyarakat dalam kelas-kelas tertentu secara berlapis-lapis (bertingkat-tingkat).

Bagaimana sifat stratifikasi sosial? Berdasarkan sifatnya, Soerjono Soekanto membagi stratifikasi sosial menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.

Stratifikasi Sosial Tertutup

Yaitu pelapisan masyarakat dalam strata-strata (lapisan-lapisan), di mana setiap stratanya sulit atau bahkan tidak mungkin untuk melakukan perpindahan strata secara vertikal.

Contoh stratifikasi sosial jenis ini antara lain sebagai berikut.

1. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kasta

Kaum sudra dalam sistem kasta tidak mungkin atau sulit untuk berpindah naik ke lapisan kasta brahmana.

2. Stratifikasi Sosial Rasialis

Masyarakat kulit hitam (negro) sering dianggap berada di posisi rendah. Dalam masyarakat rasialis sangat sulit bagi orang kulit hitam untuk bisa pindah kedudukannya di posisi kulit putih.

Stratifikasi Sosial Terbuka

Stratifikasi sosial terbuka merupakan stratifikasi sosial yang bersifat dinamis. Mobilitas sosial berlangsung sangat pesat. Setiap anggota strata bebas berpindah dari satu strata sosial ke strata sosial lain, baik secara vertikal maupun horizontal. Contoh stratifikasi sosial jenis ini antara lain sebagai berikut.

1. Strata Ekonomi

Orang yang berada dalam strata ekonomi rendah (miskin), dengan usahanya suatu saat bisa saja naik ke strata ekonomi tinggi (kaya). Demikian juga sebaliknya, orang yang saat ini strata ekonominya tinggi, karena sebab tertentu turun ke strata ekonomi rendah.

2. Strata Pendidikan

Strata pendidikan juga bersifat dinamis. Mereka yang strata pendidikannya rendah, suatu saat melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga strata pendidikannya berubah menjadi lebih tinggi.

Stratifikasi Campuran

Ini merupakan kombinasi antara strata sosial tertutup dan strata sosial terbuka. Contohnya orang yang berkasta brahmana dalam adat Bali mungkin mendapat posisi terhormat. Namun, jika ia bekerja di tempat lain sebagai buruh, maka dalam strata sosial lain ia berada dalam strata yang lebih rendah.

Demikian pembagian stratifikasi sosial berdasarkan sifatnya beserta contoh bentuk stratifikasi sosial masing-masing bagian. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Hak Asasi Manusia di Indonesia Menurut Para Pakar
Sebelumnya: Mengenal Kerajinan Batik Dari Jawa Tengah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar