Contoh Budaya Lokal dari Daerah Sunda


Contoh budaya lokal dari daerah sunda bisa dilihat pada masyarakat yang ada di Jawa Barat. Hal ini disebabkan hampir sebagian besar kebudayaan yang berada di masyarakat Jawa Barat dipengaruhi oleh kebudayaan Sunda.

Budaya Lokal

Dalam sebuah wacana kebudayaan dan sosial memang sulit sekali memberikan batasan yang jelas terhadap budaya lokal. Namun bukan berarti hal tersebut menyulitkan kita dalam memberikan definisi bagi budaya lokal.

Budaya lokal adalah budaya yang lebih khusus kepada etnis, golongan, profesi, wilayah atau daerah. Sebagai sebauh contoh yang termasuk budaya lokal adalah budaya sunda, budaya jawa, budaya makasar, budaya bali, dan lain sebagainya.

Semua budaya tersebut termasuk ke dalam budaya lokal. Dalam budaya juga dikenal dengan budaya nasioanal dan budaya kebangsaan. Budaya nasional dan kebangsaan memiliki cakupan yang lebih luas dari budaya lokal dan bisa juga dikatakan sebagai kumpulan dari berbagai budaya lokal.

Contoh Budaya Lokal dari Daerah Sunda

Budaya lokal sunda berarti budaya tersebut merupakan sebuah budaya yang berasal dari daerah sunda. Dengan demikian, semua budaya yang berasal dari Sunda dikatakan sebagai budaya lokal sunda. Adapun contoh dari budaya lokal sunda adalah sebagai berikut.

1. Sisingaan

Sisingaan adalah budaya lokal sunda dan merupakan kesenian khas dari daerah Sunda. Kesenian ini menampilkan boneka singa yang berjumlah antara 2 hingga empat boneka yang diusung oleh pemain sambil menari. Sisingaan biasanya digunakan dalam acara khitanan.

2. Wayang Golek

Merupakan kesenian pertunjukkan yang menggunakan boneka dengan karakter tertentu untuk dijadikan tokoh dalam sebuah cerita. Wayang ini dimainkan oleh seorang dalang yang memiliki karakter suara berbeda-beda sesuai dengan karakter boneka yang dimainkan.

3. Tari Jaipong

Bentuk seni tari yang berasal dari Sunda dengan akar tarian klasik

4. Tarian Ketuk Tilu

Tarian ini berasal dari sebuah intrumen musik tradisional yang hanya terdiri dari tiga ketukan saja.

5. Alat Musik Angklung

Merupakan alat musik yang berasal dari bambu yang diberi lubang dan dikaitkan satu dengan yang lainnya. Untuk memainkan alat musik ini cukup dengan digoyangkan saja sudah membentuk tangga nada.

Beberapa hal tersebut adalah contoh budaya lokal dari daerah sunda. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Selanjutnya : Ciri-ciri Sapi Perah Dara
Sebelumnya: Hikmah Haji bagi Keluarga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar