Contoh Budaya Organisasi dalam Perusahaan


Artikel ini akan membahas tentang contoh budaya organisasi dalam perusahaan. Namun sebelumnya mari kita pahami, apa yang dimaksud dengan budaya organisasi? Budaya organisasi adalah pola terpadu yang dihasilkan dari perilaku-perilaku, nilai-nilai, pemikiran, sikap dan tindakan individu dalam organisasi yang bisa dipelajari dan diwariskan pada generasi berikutnya.

Budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Mengingat, di peusahaan kita dituntut bekerja secara team. Sehingga, pengalaman organisasi sangat diperlukan. Mereka yang sudah terbentuk dalam budaya organisasi akan bisa bekerja dalam team dengan lebih baik dibandingka mereka yang tidak memiliki pengalaman organisasi.

Berikut adalah beberapa contoh budaya organisasi yang sangat diperlukan dalam perusahaan:

  • Pembagian Wewenang yang Jelas

Pembagian wewenang yang jelas sangat penting dalam perusahaan.  Ini merupakan salah satu budaya organisasi yang sangat menentukan keberhasilan dan peningkatan kinerja dalam perusahaan. Tanpa pembagian wewenang kerja yang jelas, perjalanan perusahaan akan terhadap. Karena, setiap personel dalam perusahaan tersebut tidak mengetahui mana wewenang yang harus mereka jalankan.

  • Kedisiplinan

Kedisiplinan adalah budaya organisasi yang wajib dihidupkan di setiap tempat dan waktu. Tidak hanya di perusahaan, bahkan di rumah pun  sikap disiplin harus dibudayakan. Disiplin merupakan karakter orang-orang sukses. Karena hanya orang-orang sukses yang bisa menghargai waktu.

  • Kerapian Administrasi

Budaya organisasi lain yang wajib dihidupkan di perusahaan adalah kerapian administrasi. Baik administrasi surat menyurat, keuangan, pendataan karyawan, barang masuk barang keluar, aset perusahaan dan lain sebagainya.

  • Inovasi

Budaya organisasi cenderung mendorong anggota team untuk melahirkan ide-ide kreatif dan inovasi baru untuk kemajuan organisasi. Hal ini tentu dibutuhkan dalam perusahaan. Tidak harus membentuk team kreatif.

Akan tetapi semangat kerja dan kreativitas para karyawan dan sumber daya manusia perusahaan yang perlu distimulus untuk melahirkan ide-ide kreatif. Bersemangat untuk memberikan sumbangsih pemikirannya bagi kemajuan perusahaan. Menciptakan inovasi-inovasi baru. Sehingga iklim kerja menyenangkan akan tercipta dengan sendirinya.

Demikian peran penting contoh budaya organisasi dalam perusahaan. Semoga kita mampu menciptakan budaya organisasi ini dalam setiap lingkungan kerja kita.

Selanjutnya : Pengertian dan Bahaya Minuman Beralkohol
Sebelumnya: Pentingkah Menonton Gosip Pagi di RCTI?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar