Contoh Ceramah Agama Islam tentang Sedekah


Sebagaimana diketahui, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan salat Jumat pada siang hari secara berjamaah. Sebelum kewajiban salat ini dilakukan, didahului dengan ceramah oleh ustaz dengan tema yang bermacam-macam, misalnya tentang arti pentingnya sedekah. Berikut ini ada sebuah contoh ceramah agama Islam tentang sedekah yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Ceramah

Para jemaah rahimakumullah, sedekah itu merupakan suatu amal ibadah yang manfaatnya sangat besar dan banyak. Di antaranya adalah bisa dijadikan sebagai alat untuk melancarkan rezeki. Perlu diketahui, Allah sudah menjanjikan melalui firmannya, jika orang yang suka bersedekah terutama pada anak yatim dan orang miskin akan semakin dilapangkan pintu rezekinya, dan selalu mendapat limpahan kasih sayang dariNya.

Manfaat yang kedua, yaitu bisa mengangkat derajat dan kemuliaan, baik di dunia maupun akhirat. Ini sesuai dengan sabda yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW pada umatnya. Dalam sabda tersebut dikatakan, jika sedekah itu tidak akan mengurangi harta orang tersebut, tetapi justru akan terangkat naik derajatnya.

Di luar dua manfaat utama tersebut, tentu sedekah masih ada keuntungan lain, jika kita rajin dan mau melakukannya secara ikhlas lahir dan batin. Perlu diketahui pula, yang namanya sedekah itu tidak harus selalu dalam bentuk harta atau benda.

Sedekah bisa diberikan dalam wujud yang lain, seperti menghilangkan sifat kikir, suka menolong orang lain (terutama pada sesama Muslim), dan berani berkorban demi tujuan yang baik. Semua ini punya nilai ibadah yang sangat tinggi dan pahala merupakan balasan yang diberikan olehNya pada semua umatnya yang taat menjalankan ibadah.

Bahkan, sedekah juga bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Dengan bersedekah, hati akan menjadi lapang dan bersih. Hal ini dapat menimbulkan efek yang sangat mujarab, yaitu proses penyembuhan penyakit yang makin cepat karena pikiran bisa menjadi lebih tenang dan pasrah.

Mudah-mudahan makin rajin kita bersedekah, maka pintu rahmat dan ridha akan makin terbuka lebar pula, Amin Ya Robbal Alamin. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah contoh ceramah agama Islam tentang sedekah yang bisa disampaikan saat salat Jumat atau di kesempatan lain, misalnya salat tarawih pada bulan Ramadhan. Namun, contoh ini bisa dikembangkan lagi agar lebih menarik.

Selanjutnya : Lagu Inggris Terbaru Merajai Dunia
Sebelumnya: Contoh Metode Penelitian Sastra di Novel The Ninth
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar