Contoh Cerita Fiksi dalam Bahasa Jawa


Terbayangkah Anda untuk membaca cerita fiksi dalam bahasa Jawa? Bagi Masyarakat Jawa tentunya hal tersebut tidak menjadi masalah, dikarenakan bahasa Jawa merupakan bahasa ibu bagi mereka. Sedangkan bagi penulis (suku Sunda) dan juga bagi Anda yang berasal dari suku di lain tentunya akan merasa sangat kesulitan untuk mengerti dan memahami cerita bahasa Jawa. Indonesia sebagai negara dengan aneka ragam bahasa daerah, tentunya tidaklah mengherankan jika banyak ditemukan cerita fiksi dalam bahasa daerah. Bahkan salah satu upaya melestarikan dan memperkenalkan bahasa daerah, banyak diadakan lomba cerita dalam bahasa daerah. Dalam artikel berikut ini penulis akan mengulas sedikit tentang contoh cerita fiksi dalam bahasa Jawa.

Sebelumnya telah diulas, bahwa bahasa Jawa merupakan bahasa ibu suku Jawa baik Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan sebagian Jawa Barat bagian timur. Bahkan, bahasa Jawa merupakan bahasa ibu yang paling banyak digunakan oleh suku bangsa di Indonesia dikarenakan jumlah suku pemakainya yang cukup besar. Begitu juga dengan berbagai cerita baik dongeng, fabel, mitos, dan parabel yang ada dalam masyarakat Jawa, sangat banyak dan beragam. Salah satu cerita yang berkesan bagi penulis adalah legenda Rara Anteng dan Joko Seger. Cerita tersebut merupakan asal usul upaca Kesodo suku Tengger.

Legenda Rara Anteng dan Joko Seger banyak diceritakan dalam berbagai bahasa seperti bahasa Jawa, bahasa Indonesia, bahkan bahasa Inggris. Cerita dalam bahasa Jawa sendiri terdapat berbagai versi seperti bahasa Jawa yang digunakan oleh penduduk di Jawa Tengah, bahasa Jawa yang digunakan oleh penduduk di Yogyakarta, maupun bahasa Jawa yang digunakan oleh penduduk di Jawa Timur. Meskipun sama-sama merupakan bahasa Jawa, namun ada sedikit perbedaan dan masih dapat dimengerti oleh penduduk suku Jawa.

Menurut penulis, penyampaian sesuatu dengan menggunakan bahasa ibu sangatlah penting untuk menjaga kelestariannya, sehingga tidak hanya terbatas pada cerita fiksi seperti contoh cerita fiksi dalam bahasa Jawa, essay pun sebaiknya mulai ada yang disampaikan dalam bahasa daerah.

Selanjutnya : Alpen, Pegunungan yang Terkenal di Benua Eropa
Sebelumnya: Artis Indonesia yang Berhijab
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar