Contoh Cerita Pendek dan Unsur Intrinsiknya


Definisi Cerita Pendek

Cerita pendek atau cerpen atau short story adalah karya sastra dalam bentuk cerita prosa yang isinya menceritakan sebuah peristiwa. Ceritanya relatif pendek, hanya membutuhkan kurang lebih lima halaman, karena unsur konflik dalam ceritanya relatif tidak ada, sehingga tidak membutuhkan pengembangan cerita. Dalam tulisan ini akan dibahas contoh cerita pendek dan unsur intrinsiknya.

Unsur Cerita Pendek

Dalam pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah-sekolah sudah sering dibahas atau diajarkan tentang unsur-unsur yang membentuk sebuah cerita, baik novel maupun cerita pendek. Unsur yang membentuk cerita itu ada dua kelompok, yaitu unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik. Unsur ekstrinsik adalah unsur di luar cerita, yang turut memengaruhi cerita secara tidak langsung. Sementara unsur intrinsik adalah unsur di dalam cerita yang membangun cerita itu sendiri.

Unsur Intrinsik Cerita Pendek

  1. Judul
  2. Tema
  3. Amanat
  4. Tokoh
  5. Penokohan
  6. Alur cerita
  7. Latar (waktu, tempat)

Contoh Cerita Pendek dan Unsur Intrinsiknya

Setiap cerita pendek pasti memiliki unsur intrinsik. Oleh karena itu untuk memperjelas bahasan, kita ambil satu contoh cerita pendek saja, untuk dibuka atau dikupas unsur-unsur intrinsik yang mendukung ceritanya. Cerita pendek ini berjudul Tikus-Tikus karya A. Purnawan Sd. Tikus-Tikus menceritakan sebuah dampak dari pembangunan mall besar di sebuah kota. Dampak yang diungkap tentu saja dampak negatif, di antaranya adalah mewabahnya tikus-tikus besar di kota itu yang mulai mengganggu masyarakat sekitar mall itu dibangun. Warga meyakini tikus-tikus itu terbawa oleh kontainer yang mengangkut material pembangunan mall.

Warga kemudian protes pada Lurah karena telah mengijinkan pendirian mal. Warga mendatangi rumah Lurah, tetapi yang keluar dari rumah Lurah malah seekor tikus besa r berseragam Lurah, ‘tikus’ itu kemudian dikejar warga dan memasuki mall. Warga tertahan di gerbang mall, lalu dari dalam mal keluar barhamburan ‘tikus-tikus’ yang mengenakan seragam sekolah, seragam PNS, seragam aparat, dan lain-lain, lalu kemudian menyerang warga.

Dari cerita itu kita dapat merunut unsur-unsur intrinsiknya sebagai berikut:

  1. Judul: Tikus-Tikus
  2. Tema: dampak negatif dari pembangunan mall
  3. Amanat: keserakahan seorang pemimpin akan berdampak buruk bagi rakyatnya
  4. Tokoh: Lurah, warga, penghuni mall
  5. Penokohan: Lurah yang korupsi mengizinkan pendirian mall tanpa seizin warga, warga yang marah, dan penghuni mall yang rakus
  6. Alur cerita: Alur cerita ‘maju’, cerita dimulai dari awal kisah hingga akhir cerita.
  7. Latar: pemukiman, rumah lurah, mall.

Demikian contoh cerita pendek dan unsur intrinsiknya, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Modal Buka Toko Helm dengan Modal Kecil
Sebelumnya: Manfaat Ilmu Perbintangan bagi Masyarakat Mesir dan Seluruh Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar