Contoh-Contoh Cerita Anak Sebagai Sarana Belajar Moral


Dunia anak memang dunia yang menyenangkan.Sarat akan imajinasi dannilai-nilai luhur seperti yang tergambar pada contoh-contoh cerita anak. Oleh karena itu, cerita anak bias dijadikan media untuk menyampaikan pesan moral.Banyak sekali cerita anak yang dibukukan, lalu dijual di seluruh toko-toko buku. Jika dulu penulis cerita anak adalah orang dewasa, maka dewasa ini anak-anak pun sudahbisa membuat buku cerita anak. Hebat bukan?

Buku cerita anak bukanlah buku bacaan berat yang membuat anak berpikir keras. Buku cerita anak umumnya berisi tentang kejadian sehari-hari beserta hikmah yang ada dari setiap peristiwa. Bisa pula berisi cerita teladan Nabi/Rasul dan tokoh-tokohterkenal yang ditulis dalam bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Biasanya cerita anak dikemas dalam bentuk cerita pendek, dongeng, dankadang kala bisa pula berupa novel.

Ingin tahu contoh cerita anak? Salah satunya ialahcerita anak yang berjudul“Si Katak dan Keong”.Cerita ini sudah banyak diceritakan dari mulut ke mulut, tapi tetapdisukai oleh anak-anak. Berikut sinopsis ceritanya.
Suatu hari,  hiduplah keong dan katak di sebuah kebun. Entah mengapa keong selalu menatap katak dengan perasaan iri hati. Sementara katak tidak pernah berlaku yang serupa. Justru ketika keong terlihat murung, katak akan bernyanyi untuk menghibur keong. Herannya, keong tetap saja membenci katak.

Karena merasa tidak melakukan kesalahan apapun, katak memberanikan diri bertanya pada keong. “Keong, kenapa sih kamu selalu memandangku dengan tatapan tidak suka? Apa salahku kepadamu, Keong?”
Awalnya keong berusaha menghindar tanpa memberi jawaban.Tapi katak terus-terusan mendesak, hingga akhirnya keong menyatakan isi hatinya juga.

“Aku iri kepadamu. Kamu bias bergerak gesit tanpa harus memikul rumah di punggungmu. Sedangkan aku, harus berjalan lamban karena cangkang ini sangat berat” Katak menjawab bijak, “Sudahlah, Keong. Semua yang diciptakan Tuhan pasti ada manfaatnya.”

Tidak berapa lama kemudian jawaban katak terbukti.Tiba-tiba elang lewat di atas mereka.Keong segera menyembunyikan dirinya di dalam cangkang. Sedangkan katak keburu ditangkap elang sebelum sempat bersembunyi. Akhirnya keong menyadari bahwa dia tidak boleh menyesali apapun yang diciptakan Tuhan pada dirinya.

Nah, itulah salah satu contoh dari sekian banyak contoh-contoh cerita anak yang di dalamnya terdapat pesan moral yang dapat dipetik oleh anak-anak.Semoga sedikit uraian tersebut bermanfaat.

Selanjutnya : Faktor Pendorong Kaum Remaja Melakukan Pergaulannya yang Bebas
Sebelumnya: Fungsi Enzim yang Dikeluarkan oleh Pankreas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar