Contoh-contoh Masalah Sosial Dalam Masyarakat


Kepadatan penduduk di Indonesia cukup tinggi, terutama di kota-kota besar. Jumlah kepadatan penduduk yang tinggi berpotensi dalam menimbulkan masalah sosial.

Masalah sosial dapat dirumuskan atau dinyatakan dengan suatu entitas berpengaruh yang mengancam nilai-nilai pada suatu masyarakat sehingga dapat berdampak kepada sebagian besar anggota masyarakat.

Diharapkan masalah sosial ini dapat diatasi dengan cara melakukan kegiatan bersama. Contoh-contoh masalah sosial yang dapat timbul antara lain adalah kemiskinan, pendidikan yang rendah, kejahatan dan banyaknya pengangguran. Berikut ini akan diulas satu per satu dari setiap masalah tersebut.

•    Kemiskinan

Kemiskinan merupakan kondisi terjadinya ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar yang mencakup makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan dan kesehatan.

Ternyata kemiskinan di Indonesia tak hanya terjadi di daerah pelosok seperti desa terpencil, akan tetapi juga dapat ditemui pada daerah perkotaan. Salah satu faktor yang menjadi penyebab kemiskinan ini adalah pendidikan yang rendah.

•    Pendidikan Rendah

Tingkat pendidikan masyarakat di Indonesia cukup rendah. Hal ini dipengaruhi juga oleh kemiskinan yang  menyebabkan orang tua tidak mampu membiayai anaknya untuk sekolah. Atau justru karena keluarga mereka miskin, maka anak turut berperan dalam mencari nafkah sehingga meninggalkan bangku sekolahnya.

•    Kejahatan

Tingkat kriminalitas di Indonesia cukup tinggi, terutama di perkotaan. Ada berbagai jenis kejahatan dengan berbagai motif dan cara. Hal yang dominan menjadi penyebab timbulnya kejahatan adalah faktor ekonomi.

Pelaku kejahatan tidak selalu orang yang kurang terpelajar, tindak kriminal dapat juga dilakukan oleh orang-orang terpelajar. Contoh-contoh tindak kriminal adalah perampokan, penipuan, tawuran dan lain sebagainya.

•    Pengangguran

Tingginya jumlah pendidik yang tidak diimbangi dengan terbukanya lapangan kerja yang banyak dapat menyebabkan pengangguran. Atau juga karena tingkat pendidikan yang rendah sehingga tidak memenuhi kualifikasi persyaratan tenaga kerja.

Perpindahan masyarakat dari desa ke kota tanpa dibekali pendidikan dan keterampilan yang memadai juga dapat menjadi penyebab timbulnya penggangguran.

•    Kurangnya Keadilan

Kesenjangan dalam memperoleh keadilan juga merupakan masalah yang serius. Seringkali si miskin tidak dapat menuntut keadilan dengan hak yang sama dengan si kaya.

Dalam menghadapi suatu tuntutan hukum si miskin tidak dapat memperoleh pembelaan yang cukup sehingga dihukum berat, sementara koruptor besar bisa bebas begitu saja.

Demikianlah contoh-contoh masalah sosial yang dapat timbul di masyarakat sebagai dampak dari kepadatan penduduk yang tinggi.

Selanjutnya : Paket Kuota Tri 125.000 untuk Enam Bulan
Sebelumnya: Kesabaran Nabi yang Diuji dengan Penyakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar