Mengenal Jenis dan Contoh-contoh Poster

Sebagai salah satu media komunikasi publik, contoh contoh poster banyak dicari sebagai sumber inspirasi. Poster biasanya ditujukan sebagai pengumuman, sosialisasi, atau kampanye. Dengan menempelkan poster di tempat-tempat yang mudah terlihat orang banyak, informasi dan pesan yang ingin disampaikan bisa lebih efektif dan efisien.

Poster adalah sebuah desain grafis atau karya seni yang berisi komposisi gambar serta huruf-huruf yang dibuat di atas kertas. Ukuran kertas untuk poster umumnya relatif besar. Poster bisa ditemukan di dinding atau papan-papan pengumuman.

Poster haruslah dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian dan diletakkan di tempat strategis agar mudah dibaca.

Untuk itu, pilihan warna kontras dan desain unik kerap dijadikan andalan dalam pembuatan poster sehingga mudah membuat orang lain tertarik. Selain itu, kata-kata yang terdapat di dalam poster juga menentukan. Kata-kata mestilah mudah dipahami dan bersifat sugestif atau mengajak. Kombinasi pesan dan gambar inilah yang membuat pesan dari poster terasa lebih kuat.

Jenis-jenis Poster

Saat melihat poster-poster yang ada di tepian jalan, poster-poster tersebut bisa diklasifikasikan menjadi bermacam-macam. Beberapa jenis poster tersebut adalah sebagai berikut:

1. Poster Kegiatan

Poster kegiatan ini merupakan poster yang menginformasikan rencana pelaksanaan sebuah kegiatan. Contoh-contoh poster kegiatan misalnya adalah kegiatan seminar, kegiatan pelatihan, festival, maupun kegiatan-kegiatan sosial yang lain.

2. Poster Pendidikan

Poster pendidikan merupakan poster yang ditujukan sebagai bentuk penyuluhan atau penerangan pada masyarakat. Poster ini sifatnya mendidik dan mengajak orang yang melihat poster untuk melakukan sesuatu yang dipesankan di dalam poster. Poster bentuk ini misalnya adalah poster kebersihan lingkungan, poster wajib belajar, poster cara hidup sehat, dan poster untuk menjaga keselamatan berkendara.

3. Poster Niaga

Poster jenis ini ditujukan sebagai media komunikasi bisnis atau urusan dagang. Poster ini merupakan salah satu bentuk iklan yang ditujukan untuk menyampaikan informasi penawaran barang atau jasa. Poster semacam ini sangat mudah sekali ditemukan di berbagai tempat. Misalnya, poster rokok, poster promosi restoran, poster jasa antar jemput, dan sebagainya.

4. Poster Layanan Masyarakat

Poster ini mengandung informasi pelayanan masyarakat yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat. Poster semacam ini misalnya adalah poster mengenai layanan puskesma, pembuatan KTP, pembuatan SIM, dan sebagainya.

5. Poster Karya Seni

Jenis poster yang terakhir ini murni dimaksudkan sebagai ekspresi seni. Poster-poster semacam ini umum ditemukan dalam bentuk-bentuk unik dan tidak terduga.

Contoh-contoh poster untuk setiap klasifikasi tersebut banyak sekali ditemukan di tepi-tepi jalan. Saat ini, kemunculan poster di ruang publik semakin bertambah dan semakin kreatif.

Loading...
Selanjutnya : Apa Saja Bahaya dan Kerugian Ciuman?
Sebelumnya: Macam-Macam Penyakit Anis Kembang dan Tips Perawatannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar