Panduan Contoh Daftar Pustaka dari Makalah Seminar

Panduan tentang contoh daftar pustaka dari makalah seminar pasti dibutuhkan oleh siapa saja yang sedang menyusun sebuah karya tulis ilmiah. Apalagi, daftar pustaka merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah karya tulis. Tentu kaidah penulisannya tidak dapat diabaikan begitu saja.

Dalam menyusun sebuah karya tulis ilmiah, makalah seminar dapat dijadikan sumber informasi tambahan. Sehingga data yang diperoleh tidak sebatas hanya pada buku, skripsi/tesis/disertasi terdahulu, dan website. Apabila suatu seminar memiliki inti topik pembahasan yang sama dengan suatu karya tulis ilmiah yang sedang dibuat, maka hasil seminar tersebut dapat dijadikan acuan.

Hanya saja, Anda harus lebih dulu meminta izin pada pihak-pihak tertentu yang berhubungan dengan seminar tersebut, bahwa hasil seminarnya akan dicantumkan pada karya ilmiah yang sedang dibuat.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Ditinjau dari Sumbernya

Daftar pustaka merupakan daftar bacaan Anda saat menyusun sebuah karya ilmiah. Sumbernya bisa dari mana saja. Tidak terlalu banyak perbedaan penulisan antara masing-masing sumber data yang digunakan. Untuk menambah pengetahuan Anda tentang teknik penulisan daftar pustakan dari berbagai sumber, berikut disajikan penjelasannya.

Penulisan Daftar Pustaka dari Hasil Seminar

Stevanus, Andi. (2001). Penanganan Masalah Gelandangan dan Pengemis di Kota Pekanbaru. Seminar Upaya Pemerintah Memberantas Penyakit Masyarakat di Pekanbaru. Pekanbaru, Indonesia.
Mutiara, Dina. (2014). Karhutla dan Pelanggaran Hak Asasi Manusia. Seminar Mengenai Bencana Asap di Wilayah Riau. Jakarta. Indonesia.

Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Salim, Encim. (2012). Fakta di Balik Tertawa. Seringai Publisihing. Puspa

Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel

Nasution, Edward. (2014, April). Pola Asuh Ibu Moderen. Pelita News. 16-17. [2 April 2014], pukul 21.22.

Penulisan Daftar Pustaka Hasil dari Laporan Penelitian

Troy, Sam. ( 2010, Mei 22). Dampak Ditutupnya Lokalisasi Prostitusi, Teleju, di Pekanbaru. Lomba Karya Tulis Fenomena Sosial. Lembaga Penelitian Bahtera. Pekanbaru.

Kegunaan Daftar Pustaka

Posisi daftar pustaka terletak pada halaman belakang dari sebuah karya tulis ilmiah (sebelum halaman biodata penulis). Sekilas tampak tidak berguna  karena posisinya yang paling “buntut”. Namun bagi sebagian besar pembaca, terutama tim penilai, daftar pustaka merupakan bagian yang tidak boleh luput untuk dibaca.

Melalui daftar pustaka, pembaca dapat mengetahui sumber-sumber referensi yang digunakan penulis, dan seberapa kuat kebenaran data atau teori yang dipaparkan. Selain itu, pembaca dapat mengetahui sejauh apa wawasan penulis terhadap permasalahan yang ia bahas. Oleh karena itu, pembuatan daftar pustaka harus diperhatikan. Semakin banyak sumber bacaan Anda, semakin tampak berkualitas karya tulis yang Anda buat.

Demikian panduan tentang contoh daftar pustaka dari makalah seminar dan sumber-sumber lainnya. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Cara Membuka Akun Facebook yang Diretas Oleh Orang Lain
Sebelumnya: Inilah Arti 3 Lirik Lagu Batak Paling Populer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar