Contoh Daftar Pustaka Jurnal Ilmiah


Contoh daftar pustaka jurnal ilmiah sering digunakan sebagai referensi dalam penulisan karya tulis ilmiah, seperti makalah, skripsi, tesis, dan sejenisnya. Jurnal ilmiah merupakan kumpulan karya tulis hasil penelitian ilmiah. Jurnal ilmiah merupakan sumber referensi yang diakui dan bisa dipertanggung jawabkan. Karena, karya tulis ini disusun berdasarkan rangkaian proses penelitian ilmiah.

Jurnal ilmiah merupakan kumpulan publikasi artikel ilmiah. Kualitas ilmiah artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah sangat dijaga. Untuk memastikan keilmiahan artikel, biasanya sebelum diterbitkan artikel terlebih dahulu ditelaah atau direview oleh rekan sejawat atau pihak-pihak yang berkompeten. Biasanya direview dalam bentuk seminar ilmiah, symposium, dan sejenisnya.

Jurnal ilmiah bisa ditemukan dalam berbagai bidang ilmu. Berikut adalah beberapa contoh jurnal ilmiah:

  • Science (memuat artikel-artikel ilmiah di bidang IPA secara umum).
  • Medical Journal of Indonesia (MJI)
  • Warta Pusat Penelitian Kelapa Sawit (memuat artikel-artikel ilmiah hasil penelitian kelapa sawit)
  • Prosiding Pemulian Tanaman (memuat artikel-artikel tentang hasil penelitian di bidang pemuliaan tanaman.

Cara penulisan daftar pustaka jurnal ilmiah sedikit berbeda dengan cara penulisan daftar pustaka dari buku. Ada beberapa data identitas jurnal yang tidak ada pada buku. Berikut adalah teknis penulisan daftar pustaka dari jurnal:

Nama penulis. Tahun terbit. Judul artikel hasil penelitian. Nama jurnal. Volume (nomor): halaman.

Contoh:

Darmosakoro, W dan Sugiyono. 1998. Kadar hara daun, hara pelepah dan kandungan serta pada tanaman yang mengalami patah pelepah. Warta Pusat Penelitian Kelapa Sawit. (VI (2) : 55 – 61

Nuryanto, E., E. Ratnaningsih, dan H. Susanto. 2001. Isolasi lignin dari lindi hitam pulp tanda kosong sawit. Warta Pusat Penelitian Kelapa Sawit. IX (2): 61-66.

Subroto. 1997. Keragaman dan faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi pengalihan energi tanaman kelapa sawit Dura Dumpy x Fisifera. Buletin Pusat Penelitian Marihat. V (3): 139-145.

Contoh daftar pustaka jurnal ilmiah bisa Anda temukan pada lembaran daftar pustaka setiap karya tulis ilmiah.

Daftar pustaka jurnal ilmiah selain memuat judul jurnal juga menampilkan judul artikel ilmiah, volume dan nomor jurnal serta halaman artikel. Nama (judul) jurnal ditulis dengan cetak tebal (bold) atau italic.

Selanjutnya : Mengetahui Ciri-ciri Bayi Sehat
Sebelumnya: Alamat Harco Jakarta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar