Contoh Dakwah Islam Tentang Menuntut Ilmu


Contoh dakwah Islam tentang menuntut ilmu sudah didengung-dengungkan semenjak dulu.Mencari ilmu adalah wajib bagi tiap muslim. Rasulullah SAW saja mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu setinggi mungkin. Dengan menguasai kebaikan ilmu menjadikan manusia sebagai makhluk berbudi di mata Allah SWT.

Karena itu ada pameo cari lah ilmu  sampai ke negeri Cina, mencari ilmu itu dari ayunan sampai liang lahad, itulah nasihat yang sering di sampaikan oleh ustadz.  Jika seorang telah menguasai bekal ilmu agama niscaya tidak mudah terpengaruh dengan godaan. Al-Quran yang akan merunutnya ke jalan yang benar bukan sebaliknya orang yang tidak berilmu alquran akan mendorongnya masuk ke dalam neraka,

Adab-Adab Cara Mencari Ilmu

  1. Niat Ikhlash Lillah : hendaklah  belajar intropeksi dalam segala niat dan amalnya, menghidupkan syariat-Nya, menerangi hati dan batinya dan selalu taqarub kepada Allah.
  2. Menjaga diri secara lahir dan batin dari hal-hal yang bertentangan dengan hukum Allah. Thalib Ilmy, harus selalu menampakkan secara nyata sunnah Nabi dan meninggalkan amalan-amalan bid’ah dalam segala keadaan.
  3. Tetapkan fikiran dan hati konsentrasi kepada ilmu termasuk menghilangkan prasangka dan kebiasaan buruk.
  4. Selalu berhati-hati dalam masalah makan. Menurut sabda Rasul: Sesungguhnya syetan betul-betul berjalan mengalir lewat aliran darah manusia, maka persempitlah aliran darah itu dengan cara berlapar-lapar, agar syetan tidak bisa masuk. Hadits Riwayat Ahmad.
  5. Sedikit tidur dan bicara. Al-Hasan bin Ziyad rajin mengkaji ilmu-ilmu keislaman, dia berumur 80 tahun, selama 40 tahun-nya ia jarang tidur.
  6. Mengurangi pergaulan jika perlu dan selektif memilih kawan.
  7. Memilih ilmu yang dibahas dan siapa pengajarnya atau Syeikhnya. Mampu berfikir hal yang terpenting sebagai pijakan untuk melangkah.
  8. Menjaga adab terhadap guru atau Syeikhnya. Ibnu Thowus mendengar dari bapaknya: menghormati guru adalah sunnah.
  9. Menjaga adab terhadap kitab. Kitab adalah alat ilmu. Orang-orang salaf sangat serius menjaga kitab-kitab mereka.
  10. Adab di ruang belajar. Seorang murid harus memiliki semangat belajar yang tinggi.

Begitulah sedikit paparan dalam artikel contoh dakwah Islam Tentang Menuntut Ilmu yang bisa diterapkan kebaikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya : Nama Pemain Sepak Bola Aceh Terkenal
Sebelumnya: Pemahaman Wawancara Kerja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar