Contoh Danau Lekukan di Dunia

Contoh danau lekukan yang ada di Indonesia sangat banyak jumlahnya, apalagi di dunia. Danau sendiri adalah sebuah lekukan, cekungan atau ceruk yang ada di permukaan bumi dan berisi dengan air. Danau yang sangat luas kadang kita sebut dengan laut. Misalnya saja Laut Aral dan Laut Kaspia. Untuk tipe danau juga banyak macamnya. Bahkan dikelompokkan berdasarkan asal usulnya.

Sebagian besar danau yang ada di Indonesia terbentuk karena gletser atau lembaran es. Beberapa danau ada yang terbentuk karena air hujan maupun angin. Sedangkan penyebab yang lain ialah adanya kegiatan vulkanik atau gerakan bumi. Walaupun sejenis, danau memiliki ukuran serta kedalaman yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari cara terbentuknya danau tersebut.

Loading...

Ada contoh danau lekukan, ada pula danau yang dinamai dengan danau kaldera yang terbentuk di bagian dalam kaldera atau di bagian tengahnya sebuah gunung berapi yang telah runtuh dan terkumpul air di dalamnya. Pada umumnya danau semacam ii dalam dan bulat. Contoh dari danau kaldera ada di Sumatera yakni Danau Toba.

Sedangkan untuk contoh dari bendungan lava ialah laut Galilea yang ada di Timur Tengah. Danau bendungan lava ini dibentuk oleh aliran lava dari sebuah gunung berapi yang menyumbat lembah dari sebuah sungai hingga membentuk sebuah danau.

Danau delta bisa kita lihat pada Danau Tofutsu yang ada di Jepang. Danau delta sendiri adalah sebuah danau yang terbetuk di sepanjang pantai dengan arus pantainya mampu mengendapkan pasir serta membentuk gosong pasir. Akhirnya gosong pasir tersebut dapat memisahkan sebagian kecil dari laut yang kemudian membentuk laguna.

Sedangkan contoh dari danau kawah ialah Danau Kawah di Oregon, Amerika Serikat. Danau kawah sendiri terbentuk di dalam kawah atau lubang yang mirip dengan corong yang ada di puncak gunung api. Untuk danau gletser terbentuk ketika ada gletser serta lembaran es yang mengeruk kerak bumi lalu terbentuklah sebuah ceruk atau cekungan yang kemudian terisi oleh air lalu jadilah ia sebuah danau. Misalnya saja danau Leman yang terdapat di Swiss.

Contoh danau lekukan yang ada di gurun adalah oase gurun yang ada di seluruh dunia. Danau lekukan gurun ini terbentuk di daerah yang kering sehingga lekukan dihasilkan oleh angin. Apabila dasar dari lekukan tersebut mencapai muka dari air tanah maka ia akan membentuk sebuah danau.

Loading...
Selanjutnya : Cara Pakai Pupuk Hidroponik yang Benar
Sebelumnya: Tips Cara Cepat Mengerjakan Soal Fisika SMA
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar