Contoh Data Kualitatif dan Kuantitatif dalam Statistik


Pendekatan atau metode penelitian, umum dilakukan dengan dua cara, yaitukualitatif dan kuantitatif. Keduanya memiliki persamaan dan perbedaan, termasuk perbedaan dalam penulisan datanya. Di bawah ini contohdata kualitatif dan kuantitatif dalam statistik.

Pendekatan kualitatif tidak memiliki jarak antara peneliti dengan yang diteliti. Pendekatan ini menekankan penalaran dan makna yang diperoleh dari suatu penelitian. Metode kualitatif sering meneliti hal yang bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini pun lebih mementingkan proses dibanding hasil.

Sedangkan pendekatan kuantitatif, memprioritaskanvariabel sebagai objek penelitian. Dalam kajian statistik, kian besar sampel lebih mampu merepresentasikan kondisi riil. Dengan kata lain, sampel yang besar bisa menemukan hasil penelitian yang lebih valid.Masing-masing metode atau pendekatan memiliki keunggulan dan kelebihan.

Terkait data, aktivitas penelitian tidak pernah lepas dari keberadaan dan penulisan data. Sebab, ini menjadi bahan informasi penting untuk memberi gambaran spesifik ihwal objek yang diteliti. Dari data itulah, hasil penelitian bisa dirumuskan.

Penulisan data antara penelitian kualitatif dan kuantitaif sangat berbeda. Dalam kualitatif, data ditulis berupa narasi dan deskripsi, bukan angka. Sering pula berbentuk statemen atau penjelasan berupa kutipan langsung dari objek yang diteliti. Inti data kualitatif, data berbentuk kata-kata. Hasilnya, berupa informasi yang menjelaskan karakteristik atau sifat.

Datanya diperoleh dari berbagai metode pengumpulan yang dilakukan, seperti observasi, wawancara, analisis dokumen, atau diskusi terfokus. Bisa pula data berbentuk foto atau gambar yang diperoleh dari hasil bidikan kamera atau rekaman video.

Sedangkan, data kuantitatifberbentuk angka atau bilangan. Hasil pengukuran atau perhitungan. Bisa berupa data diskrit, bisa kontinum. Diskrit bentuknya bilangan bulat yang diperoleh melalui cara membilang, seperti berikut ini.

•  Penerima BLT tahun 2009 di Pulau Sebatik sebanyak 500 jiwa.

•  Penerima BLSM tahun 2013 di Pulau Sebatik sebanyak 800 jiwa.

•  Penduduk di Pulau Sebatik tahun 2013 sebanyak 50.000 jiwa.

Data kontinum, data berbentuk angkayang diperoleh sesuai pengukuran. Bisa berupa bilangan bulat, bisapecahan. Datanya tergantung dari jenis skala pengukuran yang digunakan peneliti. Contohnya adalah sebagai berikut.

•  Siang hari, suhu di Pulau Sebatik 39 derajat celcius.

•  Luas wilayah Pulau Sebatik sekitar 247,5 kilometer.

•  Geografis Pulau Sebatik berada di 117º 40′BT – 117º 54′BT dan 4º 02′LU – 4º 10′LU.

Demikian sekilas contoh data kualitatif dan kuantitatif dalam statistik. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Ilustrasi Tabel Angsuran Membangun Bersama Holcim
Sebelumnya: Faktor yang Mempengaruhi Pergaulan Bebas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar