Memahami Contoh Data Kualitatif

Memahami contoh data kualitatif tidak akan berhasil jika belum mengenal mengenai penelitian kualitatif itu sendiri. Sebenarnya jenis penelitian telah dibagi menjadi dua golongan, yakni penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.

Perbedaan

Penelitian kualitatif merupakan suatu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui fenomena yang sedang dialami oleh objek penelitian. Sedangkan penelitian kuantitatif merupakan suatu penelitian yang menggunakan tabel atau skala ukur numerik dalam suatu objek penelitian. Dengan demikian data yang dihasilkan dari dua jenis penelitian ini juga berkarakteristik berbeda.

Untuk memperoleh data kualitatif biasanya peneliti akan melakukan wawancara, observasi, diskusi, dan analisa dokumen. Sedangkan data kuantitatif dapat dengan mudah diambil dari nilai atau jumlah suatu objek penelitian.

Data Kualitatif

Data kualitatif menunjukkan tentang kualitas dari sesuatu yang ada, contohnya kondisi, proses kejadian, peristiwa, dan sebagainya. Oleh karena itu, data kualitatif ini tidak dapat diteliti secara langsung.

Berdasarkan jenisnya, Hadari Nawawi, dan Martini Hadari membagi data kualitatif menjadi 5 jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Data yang bisa berubah-ubah atau bersifat relatif
  2. Data bertingkat atau berjenjang
  3. Data yang berlawanan
  4. Data kategori
  5. Data yang menyatakan suatu kondisi dengan perkataan.

Selain itu, data kualitatif juga dapat dibagi menjdi seperti berikut ini.

  1. Data kualitatif deduktif, proses pemikiran yang diawali dengan preposisi yang sudah ada untuk kemudian menghasilkan preposisi baru yang berupa kesimpulan silogisme.
  2. Data kualitatif induktif, proses pemikiran yang berawal dari satu atau beberapa preposisi yang sudah ada dan kemudian dihasilkan preposisi baru dengan cara generalisasi, analogi, dan hubungan sebab akibat.
  3. Data kualitatif komparatif atau perbandingan, proses pemikiran dengan menguraikan perbedaan dan persamaan objek yang sedang diteliti.

Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah contoh data kualitatif berikut ini.

  1. Bahan-bahan yang dibeli oleh seorang pedagang kue pada hari itu ternyata harus dibeli di beberapa pasar.
  2. Dalam lomba menghias topi kerucut tersebut, setiap anak hanya boleh memilih satu warna topi saja.
  3. Perbandingan antara kondisi geografis kota Jakarta dan Balikpapan
  4. Daerah yang menghasilkan panen kelapa sawit dalam tahun tertentu

Bagaimana, sudah paham bukan mengenai penelitian kualitatif beserta data yang dihasilkannya ? Intinya, data kualitatif tidak mencantumkan data numerik sama sekali tapi berupa pernyataan yang disimpulkan dari sesuatu yang dihasilkan dari penelitian yang bersifat deskriptif. Contoh data kualitatif lainnya dapat dengan mudah dipelajari.

Selanjutnya : The Valley Bandung
Sebelumnya: Makna Contoh Puisi tentang Lingkungan Hidup
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...