Contoh Ejaan yang Disempurnakan Bahasa Indonesia


Contoh ejaan yang disempurnakan bahasa Indonesia adalah penempatan tanda baca dan penulisan kata yang baik dan benar. Contohnya, kata yang benar adalah karisma, bukan kharisma. Banyak sekali artikel yang tidak mengikuti ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam bahasa Indonesia.

Alasannya, kurangnya membaca buku atau tidak memahami EYD. Hal tersebut adalah faktor utama yang membuat seseorang menulis asal. Ia tidak mengikuti EYD dalam bahasa Indonesia.

Memahami EYD

Masyarakat Indonesia dituntut untuk paham mengenai EYD tersebut. Itulah mengapa, pelajaran Bahasa Indonesia diwajibkan di setiap tingkatan sekolah. Mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi pun memiliki mata pelajaran khusus untuk Bahasa Indonesia. Karena itu, Bahasa Indonesia menjadi mata kuliah umum di perguruan tinggi.

Seharusnya, masyarakat Indonesia paham dengan waktu belajar yang begitu banyak yang disediakan pemerintah. Guru-guru yang berkompeten di bidangnya dan buku-buku penunjang bisa membantu masyarakat Indonesia untuk lebih memahami EYD tersebut.

Namun, banyak sekali pelajar yang justru merasa bosan dengan pelajaran ini. Faktornya banyak, bisa jadi karena gurunya yang kurang menyenangkan dan kurang aktif. Hal tersebut membuat siswa maupun siswi merasa jenuh dan bosan akan pelajaran Bahasa Indonesia. Itulah mengapa guru Bahasa Indonesia harus lebih kreatif dalam mengajar. Tujuannya agar murid tidak lagi merasa jenuh dengan pelajaran Bahasa Indonesia.

Di sisi lain, banyak sekali orang yang ingin menjadi penulis namun tidak tahu cara menulis yang baik. Kebanyakan dari mereka menulis apa yang ingin ditulis dengan kemampuan ejaan yang terbatas. Hal tersebut diakibatkan kurangnya membaca di rumah. Inilah yang menjadi PR guru maupun pemerintah untuk meningkatkan minat baca para siswa. Tujuannya agar kemampuan berbahasa mereka meningkat.

Kualitas karya seseorang dinilai dari kemampuan dia dalam merangkai kata, kemampuan dalam ejaan, dan kemampuan dalam mengolah kata dengan baik. Ketika seseorang mampu menulis dengan baik, berarti dia juga sudah mengerti ejaan dengan baik. Seperti halnya penempatan tanda baca dan berbagai contoh ejaan yang disempurnakan bahasa Indonesia lainnya. Karena dengan memahami EYD dalam bahasa Indonesia, itu berarti kita sudah pantas dikatakan Warga Negara Indonesia yang baik.

Selanjutnya : Contoh Pesan Singkat Atau Memo Dengan Format Resmi
Sebelumnya: Legenda Suku Tengger
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar