Contoh Ekosistem Darat Buatan


Sebelum berbicara tentang contoh ekosistem darat buatan, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal definisi dari ekosistem darat buatan. Ekosistem pengertian singkatnya adalah sistem ekologi, yaitu suatu sistem yang terbentuk dari hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi antara komponen biotik dan abiotik.

Komponen biotik adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan komponen mahluk (hayati) seperti hewan, tumbuhan, jasad renik dan manusia. Sedangkan komponen abiotik adalah komponen-komponen ekosistem yang berupa benda mati seperti tanah, air, udara, batu, pasir dan lain-lain.

Darat adalah kata dasar dari daratan yang menunjukkan lokasi di mana ekosistem itu berada. ‘Buatan’ berarti bahwa sesuatu itu terbentuk karena dibuat dengan sengaja oleh manusia.

Jadi jika didefinisikan, ekosistem darat buatan adalah suatu sistem ekologi di daratan yang terbentuk karena adanya campur tangan manusia. Ada pengaturan komponen-komponen biotik dan abiotik apa saja yang berada dalam ekosistem tersebut?

Berikut adalah beberapa contoh ekosistem darat yang sudah tidak alami lagi (buatan):

a. Perkebunan

Kawasan kebun seperti perkebunan karet, perkebunan sawit, perkebunan kakao, merupakan bentuk dari ekosistem darat buatan. Kawasan perkebunan dibentuk sedemikian rupa oleh manusia. Sehingga, tanaman sebagai komponen biotik dalam ekosistem tersebut tidak lagi heterogen. Pada ekosistem alami (hutan), kita bisa menjumpai beragam komponen biotik. Namun, pada areal perkebunan, komponen biotik tersebut mengalami reduksi. Hanya beberapa jenis komponen biotik saja yang dibiarkan hidup, dan hanya tanaman tertentu yang dirawat dan dibiarkan tumbuh di sana.

b. Hutan Tanaman Industri (HTI)

Hutan Tanaman Industri (HTI) tidak jauh beda dengan lahan perkebunan. Bedanya hanya pada komoditi yang dikembangkan. Pada ekosistem perkebunan komoditi yang dikembangkan adalah komoditi perkebunan seperti karet, sawit, kakao dan komoditi perkebunan lainnya. Namun, pada ekosistem HTI komoditi yang dikembangkan adalah tanaman hutan seperti akasia, sengon, dan lain-lain.

c. Ladang/tegalan

Ladang adalah lahan pertanian yang diolah dan ditanami dengan tanaman sayuran, palawija, dan sejenisnya.

d. Lain-lain

Masih banyak bentuk ekosistem darat buatan lainnya. Seperti pemukiman penduduk, dan pekarangan. Intinya, semua tempat di mana di sana terdapat interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan (komponen abiotik) yang terbentuk karena campur tangan manusia maka ia disebut dengan ekosistem darat buatan.

Nah, sudahkah Anda menemukan contoh ekosistem darat buatan di sekitar Anda?

Selanjutnya : Hutan dari Meteorologis
Sebelumnya: Ciri-ciri Penyumbatan Pembuluh Darah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar