Nobita dalam Contoh Gambar Anak Pemalas yang Cocok Dibuat Sebuah Cerita


Anak pemalas adalah fenomena yang semakin meningkat di zaman modern dan seprba canggih seperti sekarang. Tidak seperti zaman dulu, banyak orang tua cenderung permisif dalam mendidik buah hatinya karena kesibukan pekerjaan membuat mereka tak bisa mengontrol anaknya. Contoh gambar anak pemalas yang cocok dibuat sebuah cerita adalah Nobita.

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa Doraemon sedang marah terhadap Nobita yang hanya suka malas-malasan dan tidur siang. Di cerita Doraemon juga Nobita malas membantu orangtuanya, malas belajar, dan hanya suka membaca komik. Karena kartun ini ditonton banyak anak-anak sudah sepatutnya orang tua memberitahu bahwa perilaku Nobita adalah contoh yang buruk. Di tiap episodenya digambarkan dampak buruk akibat kemalasan Nobita.

Salah satu indikator kemalasan adalah malas belajar. Faktor penyebabnya bisa dari dalam diri anak seperti kurangnya waktu bermain, kelelahan atau gangguan belajar. Lingkungan juga berpengaruh misalnya anak bermasalah dengan teman sekolahnya, kurangnya perhatian orangtua, tuntutan nilai yang terlalu tinggi, dan lain-lain.

Solusi Bagi Para Orang Tua

Solusi bagi orang tua mulai dari menanamkan pentingnya belajar sejak dini dan mulailah dengan hal yang fun. Orangtua harus selalu menampakkan diri sedang belajar dengan membaca buku atau saing berdiskusi. Berilah pujian dan penghargaan kecil di tiap perkembangan nilai anak. Gunakan metode belajar sesuai karakter anak.

Gadget juga menjadi penyebab kemalasan pada anak. anak malas bersosialisasi karena lebih senang dengan gadget. Anak juga malas membaca, menulis, dan lebih suka dengan cara yang instan.

Jejaring sosial juga berdampak buruk bagi anak dan pelajar. Anak-anak lebih senang update status daripada membuka buku. Banyak berita penculikan anak di bawah umur oleh teman facebook atau berita perkelahian antar pelajar gara-gara status facebook.

Kesalahan pola asuh orang tua juga memiliki pengaruh untuk anak. Orangtua terlalu memanjakan anak sehingga anak memiliki sikap malas. Orangtua kurang memberi pujian atau penghargaan atas hasil positif anak. Kesalahan lainnya orangtua kurang ada waktu bersama anak-anak mereka.

Selanjutnya : Berkunjung ke Makam Istri Prabu Siliwangi, Bogor Tempatnya
Sebelumnya: Contoh Makalah Ibadah yang Baik dan Benar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar