Contoh Hikayat Bahasa Indonesia


Contoh hikayat bahasa Indonesia banyak sekali kita jumpai di buku pelajaran ketika sekolah dulu. Misalnya saja, hikayat Hang Tuah dari Bintan.

Hikayat adalah cerita rakyat. Di mana hikayat biasanya lebih bisa membawa perubahan moral bagi anak muda. Seperti sosok Malin Kundang yang melegenda. Banyak pesan moral dalam cerita tersebut dikaji dan diceritakan secara turun temurun, baik di lingkungan Sumatra Barat sendiri atau di lingkungan lain, terlebih di daerah Indonesia. Cerita Malin Kundang berulang kali dinagkat dan diadaptasi dalams sebuah film, baik sinteron maupun layar lebar. Semua itu hanya karena pesan moral yang banyak dan bisa dijadikan alat unutk mengubah anak muda ke arah yang lebih baik.

Asal hikayat pun berbagai macam. Hikayat bahasa Indoensia berasal dari seluruh pelosok negeri ini. Kemudian, diceritakan secara turun temurun. Lalu, oleh pemerintah dijadikan sebuah rujukan untuk mengkaji tentang kebudayaan pada daerah tersebut. Hingga sampailah pada berbagai keismpulan penting. Hikayat sendiri seperti setiap bangsa memiliki. Kancil mencuri timun adalah salah satu hikayat untuk anak-anak yang juga tidak lekang oleh waktu. Bahkan, sampai sekarang tidak diketahui siapa pengarangnya yang sesungguhnya dan bagaimana tentang hak ciptanya. Sebab, cerita kancil mencuri timun sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Kecerdikan kancil adalah pesan moral yangs sering disampaikan. Namun, juga sifat licik kancil yang menjadi sorotan. Di mana sifat licik kancil ini sebenarnya sering membawa dalam keselamatan drinya.

Jika dicatat, mungkin ada hikayat di Indonesia, di antaranya adalah:

  • Malin kundang. Hikayat ini berasal dari tanah Sumatra Barat. Menceritakan tentang kedurhakaan seorang lelaki bernama Malin. Karena ia tidak mau mengakui ibunya dan bahkan mengusirnya, maka ia dikutuk menajdi batu oleh ibunya. Sampai saat ini, batu yang diyakini sebagai Malin Kundang masih ada.
  • Kancil. Ini lekat sekali dihati anak-anak. Dan, sudah menjadi cerita wajib di taman kanak-kanak

Itulah contoh hikayat bahasa Indonesia. Anda masih punya contoh kisah hikayat yang lainnya? Tidak salahnya Anda ikut berbagi.

Selanjutnya : Dzikir Sirri Sebuah Contoh Kasus Tentang Meditasi Islam
Sebelumnya: Memilih Games Online Edukatif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar