Contoh Hikayat Peninggalan Sejarah Agama Islam


Apakah Anda tahu bagamana penyebaran agama Islam? Mungkin akan Anda temui di beberapa buku sejarah. Lalu bagaimanakah penyebaran islam di Indonesia dan siapakah yang menyebarkannya? Dalam penyebarannya tersebut tentunya ada beberapa peninggalan, bahkan kita juga bisa mengetahui beberapa contoh hikayat peninggalan sejarah agama islam.

Hikayat Sejarah Agama Islam

Hikayat merupakan suatu karya sastra yang di dalamnya berisi tentang cerita ataupun dongeng. Di dalamnya bisa menceritakan tentang beberapa sejarah dan kisah-kisah yang menarik untuk diceritakan. Ada beberapa contoh dari hikayat seperti hikayat Hang Tuah, Hikayat Amir Hamzah, Hikayat Raja Pasai, dan lain sebagainya.

Begitu pula cerita tentang penyebaran agama Islam di Indonesia, diceritakan hingga turun temurun dan hingga kini kita ketahui dan kita terapkan pengajarannya. Kehadiran Wali Songo sangat berpengaruh kepada penyebaran Islam hingga bisa diterima oleh masyarakat.

Penyebaran tersebut menggunakan beberapa cara yaitu pedagangan, perkawinan, politik, ilmu tasawuf, dan kesenian. Semua digunakan agar agama Islam bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Hikayat samudera pasai juga tentang penyebaran agama Islam dan raja-raja yang memimpin kerjaan Islam tersebut, bahkan wali juga ikut serta dalam penyebaran agama Islam di Samudera Pasai.

Di sana kemampuan politik digunakan untuk memasukkan penyebaran agama islam. Sehingga mampu diterima di kerajaan, Raja, hingga oleh masyarakat. Awalnya masuk dari kedudukan yang tertinggi hingga mempermudah jalan untuk masuk ke rakyat kecil.

Kerajaan Pasai terletak di selat Malaka, merupakan jalur laut dan perdagangan dengan negara-negara Arab, India, Cina. Banyak pedangang yang singgah dan menetap, lalu mulai menyebarkan agama Islam.

Raja dari Kerajaan Pasai yang paling dikenal adalah Marah Silu, merupakan raja dari kerajaan pasai yang pertama kali memeluk agama Islam. Samudra Pasai juga merupakan pusat studi dan pertemuan para ulama.

Kejadian tersebut meninggalkan bukti-bukti sejarah seperti masjid, nisan, makam, karikatur, kitab, pesantren, dan kesusastraan yang diantara berupa syair, suluk, babad, kitab budi pekerja, bahkan hikayat.

Hal itu sedikit penjelasan mengenai contoh hikayat peninggalan sejarah agama islam. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Efek yang Timbul Akibat Kerusakan Hutan
Sebelumnya: Tips Mencari Bahan Kain Termurah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar