Contoh Hubungan Interaksi Sosial di Masyarakat


Contoh hubungan interaksi sosial bisa kita temukan dengan mudah di masyarakat. Sebagai mahluk sosial, manusia butuh berinteraksi dengan manusia lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Baik secara langsung ataupun tidak langsung. Interaksi sosial adalah aksi timbal balik antara dua orang atau lebih di suatu tempat dan waktu tertentu. Jadi hubungan interaksi sosial hubungan antara dua orang atau lebih di mana dalam hubungan tersebut terjadi aksi timbal balik diantara mereka.

Hubungan interaksi sosial  bisa terjadi secara spontan dan ada juga yang direncanakan. Contohnya bisa kita temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Berikut kita akan melihat beberapa contoh interaksi sosial tersebut, yaitu:

  • Transaksi Jual Beli

Dalam transaksi jual beli terjadi interaksi antara penjual dan pembeli. Penjual menawarkan barangnya dan pembeli memutuskan untuk membeli atau tidak barang yang ditawarkan tersebut. Komunikasi verbal maupun nnon verbal antara penjual dan pembeli itulah yang disebut dengan interaksi sosial.

  • Musyawarah Desa

Dalam musyawarah desa berkumpul sekumpulan warga yang saling berinteraksi. Memberikan masukan dan sanggahan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan bersama.

  • Kerja Bakti

Kerja bakti adalah kegiatan menyelesaikan permasalahan lingkungan secara bersama-sama. Di sini terjadi interaksi yang intens antara warga untuk mencapai tujuan bersama, yaitu terselesaikannya permasalahan lingkungan. Seperti permasalahan kebersihan lingkungan.

  • Olahraga Bersama

Olahraga bersama juga merupakan salah satu bentuk interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat.

  • Proses Belajar Mengajar

Proses belajar mengajar banyak bentuknya. Ada yang dilakukan dalam kelas besar seperti di sekolah, ruang kuliah, ruang seminar dan sejenisnya. Dan ada juga yang dilaksanakan secara privat (one student one teacher). Namun, seperti apapun bentuknya proses belajar mengajar tersebut sesungguhnya adalah bentuk dari hubungan interaksi sosial dalam masyarakat. Karena di sana terjadi komunikasi, interaksi dan aktivitas saling memberi dan menerima antara murid dengan murid dan murid dengan guru.

  • Tolong Menolong

Membantu tetangga yang sedang tertimpa musibah. Meringankan beban sesama akan membuat hubungan sosial kian erat.

Demikian beberapa contoh hubungan interaksi sosial yang bisa kita temui di masyarakat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Gerak Langkah Tarian Singa
Sebelumnya: Seperti Apa Thawaf dalam Pelaksanaan Haji?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar