Contoh Ijtihad Majelis Ulama Indonesia


Artikel tentang contoh Ijtihad Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini diawali dengan menjelaskan tentang pengertian ijtihad dan mengenal apa yang dimaksud dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ijtihad berasal dari Bahasa Arab yang artinya suatu ikhtiar sungguh-sungguh untuk memutuskan suatu perkara yang tidak ditemukan dalam Alquran dan Hadist dengan menggunakan akal sehat, pertimbangan yang matang dan kapasitas ilmu yang mumpuni.

MUI dan Ijtihad

Sementara MUI adalah adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menjadi wadah bagi para ulama, dai dan cendekiawan muslim di Indonesia untuk membina, membimbing, mengayomi dan memberikan solusi atas berbagai permasalahan kaum muslimin di Indonesia.

Dalam pembahasan fikih islam–khususnya dalam hal muamalah—ada beberapa hal yang tidak dijelaskan secara spesifik dalam Alquran dan hadist. Sehingga, membutuhkan pemikiran para ulama dan ahli fikih untuk berijtihad dalam menetapkan hukum-hukumnya menurut konteks yang ada, namun tetap berlAndaskan pada sumber Hukum islam (Alquran dan Hadist).

Dengan adanya ijtihad ini ummat muslim menjadi lebih tenang dan terbebas dari kekhawatiran. Dengan demikian, tidak akan melanggar rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT dalam bermuamalah.

Contoh: MLM

Misalnya saja, tentang hukum berbisnis dengan sistem Multi Level Marketing (MLM)? Pada zaman Nabi tentu belum dikenal sistem MLM. Bisnis pada zaman Nabi dijalankan secara konvensional. Lalu, zaman sekarang muncul bisnis MLM dengan seperangkat sistem bisnis yang mengaturnya. Halalkah sistem bisnis ini?

Nah, untuk menentukan halal tidaknya sistem bisnis ini diperlukan ijtihad dari para ulama dan ahli fikih yang memahami ilmunya. Di sinilah pentingnya peranan ijtihad dalam memperjelas hukum-hukum islam yang termaktub dalam Alquran dan Hadist dalam konteks kekinian.

Di Indonesia, lembaga yang disepakati dan berwenang untuk melakukan ijtihad dan mengeluarkan fatwa adalah MUI. Banyak contoh hasil ijtihad yang telah dikeluarkan oleh MUI, misalnya:

  • Hukum bisnis dengan sistem MLM.
  • Hukum menabung di bank konvensional.
  • Hukum Asuransi
  • Hukum memilih pemimpin dari kaum hawa
  • Dan lain-lain

Untuk lebih memahami tentang contoh ijtihad Majelis Ulama Indonesia Anda bisa mengunjungi website MUI. Di sana Anda bisa menemukan berbagai hasil ijtihad yang telah dikeluarkan oleh lembaga MUI dalam bentuk fatwa.

Selanjutnya : Zodiak Taurus dan Virgo
Sebelumnya: Mengetahui Ciri-ciri Orang Sakit Maag
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar